Sasar Pengandara, Polda Sumbar Gelar Operasi Keselamatan 2018

Pasang helm SNI saat berkendara roda dua, polisi peragakan pemasangan helm saat sosialisasi Operasi Keselamatan Singgalang 2018, Selasa (6/3) di Padang

PADANG (Metrans)

Operasi Keselamatan 2018 yang digelar jajaran Polri secara serentak sejak Senin (5/3), ditindaklanjuti Polda Sumbar dipelopori Direktorat Lalu Lintas yang dikomandani Kombes Singgamata dengan menyasar para pengendara.

"Kita melakukan sosialisasi dan edukasi soal keselamatan berlalu lintas kepada para pengendara seperti Go-jek Online, Ojek Pangkalan, Pengemudi Angkot dan kepada sahabat kami dari TNI, dilaksanakan di Lanud Sutan Syahrir," ujar Kasubdit Diyaksa Ditlantas Polda Sumbar, Kompol Ari Wibowo kepada wartawan Selasa (6/3).


Menurut Ari, pada sosialisasi Keselamatan Singgalang 2028 itu dihadiri langsung Wadir Lantas Polda Sumbar, AKBP Hari Mulyanto dan pejabat teras Ditlantas seperti Kabag Bin Opsnal.

Pada sosialisasi di Lanud Sutan Syahrir Padang, diikuti 40 personil TNI AU. "Untuk menginfokan ke masyarakat untuk masyarakat dan sahabat kami di TNI untuk lebih tertib berlalu lintas," ujar Ari.

Sedangkan kegiatan di Go-Jek Online dihadiri 43 dan untuk pengemudi angkutan kota dan ojek pangkalan hadir 61 orang.

Menurut Wadir Lantas Polda Sumbar, Hari Mulyanto ada enam pelanggaran hangmenjado safeth road.

"Enam itu, menggunakan helm SNI saat berkendara, tidak berboncengan lebih dari dua orang, tidak membiarkan anak kecil mengendarai Ranmor, menggunakan safety belt saat mengendarasi kendaraan roda empat, tertib dalam berkendara dan melengkapi surat kendaraan," ujarnya.

Ditegaskan Hari Mulyanto, pada Operasi Keselamatan Singgalang 2018, jajaran Polisi Lalu Lintas melakuan tindakan tidak hanya penilangan.

"Tetap polisi lalu lintas harus mengedepankan teguran dan himbauan yang bersifat pencegahan," ujar Hari.

Terakhir Operasi Keselamatan Singgalang 2018 untuk terciptanya mindset berlalu lintas.

"Menjadi tertib revolusi mental dan juga mewujudkan keamanan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas)," ujarnya. (han)


Jangan Lewatkan