KERUGIAN DITAKSIR RP800 JUTA

Satu Unit Rumah dan Warung Grosir di Airpura Ludes Terbakar

Rumah dan warung grosir P&D sedang dilahap api yang semakin membesar

PAINAN (Metrans) 
Satu unit rumah dan warung grosir P&D serta gudang penampungan dagangan hasil bumi di Nagari Palokan Inderapura, Kecamatan Airpura, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terbakar aekitar jam 03.00 Wib, Rabu (22/11).

Akibat kebakaran ini, rumah rata dengan tanah, sedangkan satu gudang barang rusak ringan.

Zukkarnain Anuar (42), pemilik rumah dan warung P&D menyampaikan bahwa peristiwa kebakaran tersebut diketahuinya saat dia sekeluarga berada di dalam rumah sedang tertidur pulas.
 
Karena ia merasa panas, dirinya terbangun dan langsung keluar rumah beserta anak dan istrinya dan terlihat api langsung membesar, sehingga Zulkarnain pasrah sehingga tidak ada barang-barang yang dapat diselamatkan. 


Dan dikatakan juga barang dagangan P&D digudangnya dalam keadaan penuh seperti pinang,  ssam kandis,  kulit manis, buah pala,  kopi, coklat dan lainnya, serta satu motor roda dua Merk Honda Vario juga ikut terbakar

Dikatakan, kebakaran diduga disebabkan arus pendek, karena saat itu terlihat KWH listriknya meledak dan Istrinya Neldawati (42) shok melihat rumah dan warung tak bersisa lagi.

Kapolsek Pancung Soal Iptu Muhammad Sugindo SIK membenarkan kejadian tersebut, dan menjelaskan, karena rumah berbahan material kayu dan seng yang mudah terbakar, api dengan cepat menghabiskan perabotan dan isi dagangan.

Menurut dia, api baru bisa dijinakkan setelah satu unit mobil kebakaran datang ke lokasi, tak lama berselang. Ia mencatat, kerugian yang dialami warga korban kebakaran ditaksir Rp800 juta.

“Kerugian itu tercatat dari jumlah kerusakan, yaitu rumah serta perabot rumah tangga yang ikut terbakar,” tuturnya.

Wali Nagari Palokan Inderapura Yuda Agustin mengatakan, sebagai bentuk penanganan awal, pemerintah Nagari Palokan Inderapura melalui Kecamatan Airpura membuat laporan ke Dinas Sosial untuk membantu korban kebakaran.

 "Saya juga menyampaikan kepada warga khususnya tetangga korban dapat membantu meringankan beban korban kebakaran tersebut karena korban sudah tidak ada barang-barangnya yang dapat diselamatkan," pungkas Yuda Agustin. (fdl) 


Jangan Lewatkan