Main Imbang dengan Perserang

Semen Padang Lolos ke Delapan Besar

Penyerang Semen Padang berusaha melewati pemain belakang Perserang. (foto:humas/sp)

PADANG (Metrans)
Meski hanya bermain 0-0 dengan Perserang Serang dalam lanjutan Liga 2 Wilayaha Barat di Stadion Agus Salim, Kamis (4/10), namun Semen Padang sudah dipastikan lolos ke babak delapan besar Liga 2 2018.

Poin 36 Semen Padang dari hasil imbang ini sudah cukup mengisi salah satu tempat dari empat jatah lolos wilayah barat. Soalnya, poin Semen Padang yang masih memimpin klasemen sementara wilayah barat dengan memainkan 20 laga tidak bisa dikejar lagi oleh peringkat kelima Persiraja yang baru mengumpulkan 29 poin dari 20 kali laga. Dengan menyisakan dua pertandingan lagi, Persiraja hanya bisa meraih 35 poin dengan catatan mereka meraih kemenangan di dua pertandingan sisa.
 
"Hasil lolos ke babak delapan besar kita syukuri, namun melihat permainan dengan Perserang ini banyak PR yang akan kita selesaikan jelang laga di bebak delapan besar. Salah satu PR yang harus kita benahi adalah penyelesaian akhir dan membuka pertahanan lawan yang bermain bertahan," ujar pelatih Semen Padang Syafrianto Rusli usai pertandingan.

Dalam laga dengan Perserang ini misalnya, sepanjang 2 x 45 menit, Semen Padang yang terus melakukan tekanan, namun rapatnya lini belakang Perserang yang memainkan pola "pakrir bus", sangat sulit ditembus para penyerang Kabau Sirah.


Malahan di babak kedua, Semen Padang mencoba merubah pola permainan dengan memasukan beberapa pemain yang mempunyai naluri menyerang , namun strategi itu tidak banyak membantu. Sama dengan babak pertama, para pemain Semen Padang sangat sulit menembus pertahanan Perserang yang menumpukan lima pemain bertahan ditambah tiga gelandang dalam kotak penalti.

"Itu yang akan kita evaluasi, bila tim lawan bermain bertahan, kita akan kesulitan untuk menembus. Apalagi sistem yang dipakai Perserang dengan menumuk delapan pemainnya di belakang, para pemain sulit melakukan sekema yang telah kita terapkan," terangnya.

Sementara pelatih Perserang, Bambang Nurdiansyah sangat bersyukur dengan hasil ini. Katanya, staregi bertahan yang diterapkan berjalan sesuai harapan.

"Kita tahu kualitas Semen Padang. Sulit bagi kita untuk meraih kemenangan dalam laga ini, makanya kami hanya menargetkan satu angka. Untuk mengwujudkan itu kami menerapkan strategi bertahan ini," terang Bambang.

Usai melakoni laga kandang ini, Semen Padang akan melanjutkan laga away ke kandang PSPS, Senin (8/10). Dalam tur Pekambaru ini, kata Syafrianto, Semen Padang akan melakukan perombangkan tim.

"Untuk laga dengan PSPS kita akan coba merubah pola, tujuan kita untuk memperlihatkan penampilan berbeda jelang turun di babak delapan besar," terang Syafrianto. (can)


Jangan Lewatkan