Siang Hari, SMAN 1 Harau Kembali Nyaris Jadi Abu

Kepala SMAN 1 Harau Afrizal memperhatikan sumber api dari loteng salah satu kelas

SARILAMAK (Metrans)
Gedung SMAN 1 Harau Kabupaten Limapuluh Kota yang pada Sabtu (17/2) nyaris jadi abu akibat korsleting di salah satu ruangan belajar siswa, Senin (19/2) terbakar.

Pada Senin siang (19/2) sekitar pukul 13.30 Wib itu, diketahui sumber api berasal dari loteng ruang kelas XII. Sejumlah siswa yang mengetahui adanya api di loteng kelas XII itu segera melakukan upaya pemadaman. 

Tak berselang lama, petugas PLN datang untuk memutuskan aliran listrik. Petugas Pemadam Kebakaran yang juga datang ke lokasi dengan cepat memadamkan api, sehingga api tidak membesar.   


Kepala SMA 1 Harau, Afrizal mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi dengan cepat dipadamkan siswa dan petugas Pemadam Kebakaran, jika tidak bisa dipastikan sekolah favorit tersebut akan ludes jadi abu.

“Iya tadi memang kembali muncul percikan api di salah satu ruangan kelas siswa. Beruntung siswa yang belum pulang dan petugas pemadam kebakaran yang datang dengan cepat berupaya memadamkan api, sehingga api tidak membesar.” sebut Afrizal, Senin sore (19/2).

Afrizal juga mengatakan bahwa jaringan/instalasi listrik di sekolah tersebut memang sudah cukup lama dan layak untuk diganti, apalagi sekolah tersebut sudah ada sejak 32 tahun lalu. 

“Untuk jaringan/instalasi listrik di sekolah kita memang sudah lama, meski di sebagian ruangan telah diganti, namun masih banyak yang masih menggunakai instalasi lama,” ucapnya.

Pasca dua kali peristiwa kebakaran yang nyaris menghanguskan sekolah itu, Afrizal juga telah melaporkan ke Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat, dan berharap pergantian terhadap jaringan/instalasi listrik sekolah itu bisa segera dilakukan.(li2) 


Jangan Lewatkan