oleh



Siswa MIN 6 Pesisir Selatan Wakili Daerahnya Ikut KSM se Sumbar

PAINAN (Metrans)
Muhammad Hafis Ramadhan, siswa Madrasyah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Pesisir Selatan, terpilih mewakili daerah setempat pada ajang Kompetisi Sains Madrasyah (KSM) tingkat Provinsi Sumatera Barat 2018.

Sulung dari tiga orang bersaudara saat ini tengah duduk di kelas VI MIN 6 Talaok Pessel, dan sebagai siswa berprestasi dia tepilih dari perwakilan sekolahnya di lomba IPA terintegrasi tingkat Sumbar yang digelar di MAN 1 Bukittinggi, Rabu (25/7).

Kepala Madrasyah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Talaok Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan Irhamur Kudra S.Ag mengatakan, sangat bangga dengan prestasi sekolah yang pimpinnya tersebut. 


Sebab, setelah sekian lama menanti prestasi di tingkat Sumbar, akhirnya impian itu tercapai meski berbagai prestasi sudah berulangkali diraih sekolah tersebut di tingkat kabupaten.

"Untuk kompetisi Sumbar baru tahun ini. Tapi, untuk di tingkat kabupaten beberapa prestasi sudah berhasil kita raih, seperti lompa tahfiz al quran belum lama ini antar MI se-Pessel," kata Irhamur Kudra pada Metrans saat ditemui di ruangnya, Selasa (24/7).

Dia mengatakan, dengan adanya prestasi yang membanggakan dari perwakilan siswa di sekolah tersebut  semua itu tidak terlepas dari  kerjasama majelis guru serta orang tua.
 
"Mudah - mudahan pada perlombaan yang diikutinya, siswa kami mendapatkan nilai yang terbaik dan bisa maju ke tingkat nasional untuk mewakili Sumbar nanti," harapnya.

Dia menyampaikan, perlombaan yang diikuti siswa sekolah ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Sebab, secara komprehensif mutu belajar siswa perlu digenjot dengan kreativitas, dan motivasi melalui prestasi.

"Selain itu juga menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah, dan memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreativitas berprestasi serta sebagai motivasi bagi siswa - siswa yang lainnya," kata dia.

Selain itu, untuk meningkatkan mental siswa, pihaknya juga menambah ekstrakurikuler siswa di setiap iven. Seperti halnya, pada HUT RI ke 73 tahun ini, juga membekali siswa dengan pelatihan pramuka dan dramben untuk dapat prestasi yang lebih baik lagi.

"Itu kita berdayakan untuk 230 siswa yang ada di MIN Talaok. Dengan 27 orang tenaga pendidik, kita yakin prestasi yang telah diraih bisa dipertahankan," terangnya.(mil)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru