oleh

JELANG UNBK

SMP 12 Dapat Bantuan Komputer dari Alumni 88

PADANG (Metrans)

Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah mulai menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa kelas III SMP dan siswa SMA. Namun pelaksanaannya dilakukan bertahap mengingat tidak semua sekolah siap dengan sarana pendukungnya, seperti ketersediaan komputer sesuai jumlah murid yang ujian dan jaringan internet.

Hal serupa juga dialami SMP Negeri 12 Padang. Untuk pelaksanaan UNBK tahun ini, dibutuhkan sedikitnya 150 unit komputer. Pihak sekolah melalui komite sekolah telah berupaya dengan berbagai cara untuk pengadaan komputer tersebut. Salah satunya dengan meminta bantuan alumni.


Gayung bersambut. Alumni Angkatan 88 SMP 12 Padang mengulurkan tangan memberikan bantuan. Dari ratusan alumni yang tersebar di berbagai kota di tanah air dan bekerja di berbagai bidang, mereka mengirimkan bantuan untuk almamater tercinta. 

“Dari total dana yang dikirim teman-teman, langsung kita belikan komputer sebanyak 5 unit. Semoga dengan bantuan ini, anak-anak kita bisa mengikuti UNBK,” kata Ketua Umum Alumni 88 SMPA 12 Padang, Bambang Supriyanto didampingi Ketua Harian Fajar Sukma, Sabtu (12/1/2019) saat penyerahan bantuan komputer.

Ketua Komite SMP 12 Padang, Kandris Asrin yang menerima bantuan, mengucapkan terima kasih atas uluran tangan alumni SMP 12 Angkatan 88. Selanjutnya ketua komite akan menyerahkan ke pihak sekolah.

Dikatakan, partisipasi alumni tersebut tak lepas dari kecintaannya pada almamater. Selain itu juga kekompakan dan silaturahmi antar alumni yang selalu terjalin hingga saat ini.

“Uluran tangan para alumni adalah bukti silaturahmi dan kekompakan alumni yang selalu terjaga, baik antar sesama alumni maupun dengan pihak sekolah. Kecintaan mereka pada almamater tak pernah pudar,” katanya. 

Sementara Ketua Umum Angkatan 88 Alumni SMP 12, Bambang menyebutkan, dari proposal yang disampaikan pihak sekolah dibutuhkan 150 unit komputer. Untuk memenuhinya, seluruh alumni SMP 12 Padang bahu membahu menyalurkan bantuan. Tercatat bantuan mengalir dari Alumni 81 hingga Alumni 86. Dan dari Alumni 88 disalurkan bantuan 5 unit komputer. 

“Informasi dari pihak sekolah, bantuan komputer terkumpul dari berbagai pihak sudah 125 unit. Kekurangannya 25 unit akan diupayakan terpenuhi sebelum pelaksanaan UNBK. Salah satunya, akan kita minta bantuan CSR PLN,” terang Bambang yang merupakan karyawan PT PLN Wilayah Sumbar. 

Guru SMP 12 Padang, Kartini Jamil yang juga Alumni 88 menjelaskan, UNBK dijadwalkan tanggal 1-4 April. Sedangkan jumlah siswa kelas III yang akan mengikuti UNBK sebanyak 285 orang. Saat ujian, mereka akan dibagi menjadi tiga shift. Namun pada simulasi UNBK 4 Februari mendatang, seluruh siswa mesti sudah menggunakan komputer.

“Kekurangan komputer tersebut mesti segera diatasi. Saat ini kita sedang mengupayakannya. Selain berharap pada alumni, kita juga minta bantuan sukarela orangtua murid,” katanya. (vie)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru