oleh

PUNCAK HUT KE-41 SMPN 8 PADANG

SMP Tengah Sawah Menjelma jadi Sekolah Rujukan

PADANG (Metrans)

Ketika baru berdiri tahun 1977 lalu, SMPN 8 Padang banyak “diolok-olok” oleh SMPN lain yang lebih dulu berdiri. Mereka menyebut sekolah tersebut sebagai “Sekolah Tangah Sawah”. Maklum sekolah yang berada di Jalan Dr Sutomo, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) itu memang berada di tengah sawah.

Ini dikatakan oleh alumni SMPN 8 angkatan 1980 (angkatan pertama) Edriana Noerdin, SH MA, saat didaulat memberi sambutan pada perayaan puncak HUT ke-41 SMPN 8 Padang, di jalan Dr Sutomo, Minggu (28/10/2018).


Wanita yang hampir 40 tahun malang melintang di dunia aktifis perempuan, bahkan termasuk tokoh sentral memperjuangkan 30 persen Caleg Perempuan ini juga memuji prestasi yang diraih SMPN 8 dalam waktu singkat.

Saya tak menyangka, sekolah kita yang dulu dikenal dengan sekolah tangah sawah ini sangat jauh berubah. Buktinya pada tahun 2007 sekolah kita ini sudah tercatat sebagai salah satu sekolah kepercayaan di Kota Padang, dengan dijadikannya sekolah ini sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) pertama di Sumatera Barat dari 100 sekolah RSBI Angkatan I di seluruh Indonesia,” kata wanita yang saat ini tengah merampungkan S3 Politik di Universitas Indonesia tersebut.

Atas prestasi yang diraih itu, Edriana yang sengaja datang dari Jakarta untuk menghadiri HUT ke-41 SMN 8 ini pun memberikan peluang pada Kepala SMPN 8 Padang Drs. M. A. Riadi, M.Pd untuk bisa saling bertukar informasi dengan sekolah internasiol miliknya, Jakarta International Multicultural School.

Sementara Kepala SMPN 8 Padang M. A. Riadi merespon positif peluang yang disampaikan Edriana tersebut.

Ia juga sempat menceritakan kondisi SMPN 8 Padang pasca Mahkamah Konstitusi mengeluarkan Amar Keputusan Nomor 5/PUU-X/2012 yang menghapuskan program RSBI yang telah ada pada akhir tahun 2012 lalu.

“Pada bulan Januari 2013 pemerintah pusat meminta tanggungjawab pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota agar sekolah yang dahulu RSBI tetap sebagai sekolah binaan provinsi/kabupaten/kota. Akhirnya pemerintah daerah pun menetapkan SMP Negeri 8 Padang dan SMP Negeri 1 sebagai Sekolah Binaan Pemerintah Kota Padang,” katanya disambut tepuk tangan alumni dan para siswa.

Perayaan puncak HUT ke-41 SMPN 8 Padang ini diisi dengan acara jalan santai, pemeriksaan kesehatan gratisdan acara hiburan bertabur hadiah. Kegiatang ini diadiri seribuan alumni dan para pelajar yang saat ini masih menimba ilmu di SMPN 8 Padang. (feb)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru