oleh

SEBAR DAKWAH

Surau TV Jalin Kerjasama dengan Metro Andalas

Padang (Metrans)

Tak hanya peduli dengan penyampaian informasi umum intelektual, surat kabar harian dan portal Metro Andalas disingkat Metrans, juga ingin mewujudkan kepedulian untuk menjaga moral bangsa melalui nilai-nilai agama. Seiring momen Ramadhan, untuk itu, Metrans melakukan kesepakatan dengan salah satu media dakwah internasional dari Ranah Minang yang mengudara melalui satelit dan portal hingga menjangkau belahan internasional menyuarakan visi misi religiusitas Islam, Surau TV, baru-baru ini.

Direktur Utama Surau TV, Buya Muhammad Elvi Syam, yang juga merupakan anggota Komisi Fatwa MUI Sumbar, menyatakan bahwa kerjasama yang berlangsung antara Metrans dengan Surau TV sangat tepat karena Surau TV dan Metrans punya kepedulian terhadap upaya meningkatkan kepahaman masyarakat terhadap nilai-nilai religius yang diusung Islam.


“Kalau kita lihat sekarang, media cetak tidak lepas dari kepentingan-kepentingan tertentu. Metro Andalas seperti tidak begitu. Mudah-mudahan Metro Andalas bisa jadi salah satu corong yang menyampaikan visi misi dakwah selain muatan lainnya yang sangat bagus dari Metro Andalas. Semoga kerjasama ini bisa membantu peningkatan informasi yang mendidik bagi masyarakat,” ujar Buya Elvi.

Coverage Surau TV tidak hanya menjangkau area nasional, namun juga internasional. Ini menjadi satu nilai tambah luasnya penetrasi informasi yang disampaikan oleh media bisa ditangkap siarannya hingga ke luar negeri seperti Australia, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Bahrain, Oman, Uni Emirat Arab, dan Asia Tenggara.

Buya Elvi menceritakan antusiasnya pemirsa luar mengajukan request terhadap Surau TV untuk mendatangkan tim Surau TV ke tempat mereka.

“Tim perantau dari Sidney kemarin datang ke studio. Mereka menyampaikan apresiasinya pada Surau TV,” kata Buya.

Kaba Minang jadi salah satu program unggulan Surau TV untuk menyajikan informasi sesuai kapasitas pada para perantau di luar negeri yang terbukti sangat antusias mengikuti Surau TV. Program ini juga dikatakan sebagai salah satu yang jadi favorit pemirsa Surau TV terutama yang berada di luar negeri.

Masih banyak program Surau TV lainya. Kajian Islam live interaktif, misalnya, diberikan dalam banyak pilihan: Konsultasi Agamo, Suluah Minang, Ruang Keluarga, Sunnah Fajar, Kajian Tauhid, Fiqih Mawaris, TafsirAl Quran, Baraja Mangaji, Dialog Kesehatan, Kajian bahasa Jawa, KUA Menjawab, Dunia Pendidikan Anak, Tele Quran, Indonesia Mengaji, Kajian Akidah, Khazanah Ekonomi Islam, dan Dialog Publik.

Selain progrma-program live, Surau TV sendiri juga menawarkan program-program kreatif, seperti Kato urang, Kaba Surau, Minang Hari Ini, Surau Kita, Islam dan Sains, dan lainnya yang jadi favorit pemirsa Surau TV belakangan ini.

‘Kerjasama dengan Surau TV sangat tepat dilakukan. Ini selain mengingat kepedulian kita terhadap pengembangan nilai-nilai agama, juga setidaknya Metro Andalas, baik koran maupun portalnya, punya satu kesamaan dengan Surau TV yaitu sama-sama ingin memeliharan khazanah Minang Kabau. Di Metro Andalas, setiap hari Kamis, koran Kami keluar dengan beberapa halamannya berbahasa Minang. Ini untuk menjaga kelestarian salah satu satu akar budaya,” ujar salah seorang senior surat kabar harian Metro Andalas, John Edward Rhony yang juga merupakan Pemimpin Redaksi portal metroandalas.co.id. (yyn)

 


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru