Tak Hiraukan Teguran, Bangunan Pagar di Bongkar Satpol PP Kota Solok

Anggota Satpol PP Kota Solok sadang membongkar pagar yang berdiri di fasilitas umum


SOLOK (Metrans)
Sudah tiga kali mendapat surat teguran dari Pemda setempat, namun peringatan tidak dihiraukan, sehingga dengan tegas anggota gabungan satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Kodim 0309 dan Polres Solok Kota melakukan pembongkoran dan penertiban bangunan yang ada di atas tanah Januar Nazar, sebab membangun pagar diatas fasilitas umum milik pemerintah setempat.

Kasatpol PP dan Damkar Kota Solok Bujang Putra diwakili Kasi Penyidik Satpol PP Jamalus kepada Metrans, Selasa (22/8) mengatakan telah terjadi pelanggaran Perda Kota Solok terhadap keputusan Walikota Solok nomor: 04/sk/FPL/Wsl-2002 Tanggal 16 Agustus 2002 tentang fatwa perencanaan lingkungan di atas tanah SHM No 835 atas Noslar.

Pelanggaran perda dimaksud Pemko Solok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR), karena sebelumnya telah memberikan peringatan secara lisan agar yang bersangkutan membongkar sendiri bangunan pagar tersebut.


"Namun peringatan tidak dihiraukan oleh yang bersangkutan hingga bangunan tersebut berdiri," ujarnya.

Hingga sampai dengan surat teguran yang ketiga yang bersangkutan belum juga membongkar bangunan tersebut,
maka terbitlah surat perintah bongkar dari Walikota Solok Nomor: 650/6573/DPUPR/VIII-2017 tanggal 3 Agustus 2017.

Maka perintah bongkar dari Walikota berlaku paling lambat 30 hari/ 1 bulan kepada yang bersangkutan untuk membongkar sendiri, namun sejak surat perintah bongkar tersebut diterima yang bersangkutan belum juga beritikad baik, untuk membongkar bangunan pagar tersebut.

Pada 8 Agustus tim dari unsur Polri, TNI, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Satpol PP, dan Damkar, serta instansi lainya, mengadakan rapat membahas pelanggaran perda atas Januar Nazar yang telah membangun diatas fasilitas umum dan disepakati untuk menertibkan dan membongkar pagar tersebut pada 22 Agustus 2017.

"Pada saat penertiban dan pembongkaran bangunan pagar yang dilaksanakan pada siang hari berjalan dengan aman dan tertib, tanpa adanya perlawanan dari yang bersangkutan," ujarnya.

Penertiban dan pembongkaran yang juga dihadiri oleh Pasi intel kodim 0309/solok Kapten Inf P.Simanjorang, Kasi Ops Polres Kota Solok Kompol B.Simanjutak, Kapolsek kota Solok Kompol Darto, Kasatpol PP Kota Solok Bujang Putra, Kabid Pasar Kota Solok Hernety, Kasat Bimas AKP Isburman, Danpos Pasar Solok AKP Andi Firzal, Anggota Sub Den POM Armen. (ync)


Jangan Lewatkan