DIPUJI PETANI DI EMPAT KELURAHAN

Taufik Hidayat Salurkan Dana Aspirasi Perbaiki Irigasi yang Rusak

Taufik Hidayat saat meninjau irigasi yang mengairi lahan sawah bersama Ketua LPM Kelurahan Koto Pulai dan para Ketua KP3A setempat, Rabu (3/5)

PADANG (Metrans)

Kelompok Petani Pemakai Air (KP3A) Kecamatan Koto Tangah, khususnya anggota KP3A di Kelurahan Koto Pulai, Balai Gadang, Batipuh Panjang dan Kelurahan Batang Kabung Ganting menyatakan sangat bersyukur sekali atas perhatian anggota Komisi I DPRD Sumbar, Taufik Hidayat, SE terhadap masyarakat setempat.

“Kami disini, sangat bersyukur sekali dan merasa pilihan kami terhadap Pak Taufik Hidayat tepat sekali, karena ternyata selalu menepati janjinya yang diucapkan selama masa kampanye pemilu 2014 lalu,” ujar Ketua LPM Kelurahan Koto Pulai Kecamatan Koto Tangah Johny Hasibuan ketika mendampingi Kepala Bidang Irigasi pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumbar Syafril Daus meninjau saluran irigasi di Koto Pulai, Rabu (3/5).


Dalam peninjauan tersebut, selain Syafril Daus bersama beberapa staf dan Ketua KP3A, juga dihadiri langsung anggota Komisi I Taufik Hidayat, SE meninjau beberapa titik irigasi, untuk mencari dimana titik-titik permasalahan sehingga suplai air tidak merata mengairi sawah-sawah masyarakat di daerah itu.

Sebelum meninjau saluran irigasi itu, kepada para anggota KP3A di empat kelurahan yang dialiri irigasi yang ditinjau itu Syafril Daus mengungkapkan, perbaikan saluran irigasi yang akan dilihat itu berasal dari dana aspirasi anggota DPRD Sumbar Taufik Hidayat sebesar Rp2,1 milyar.

“Dana sebesar itu tak mungkin digunakan untuk membuat saluran irigasi baru, jadi kita manfaatkan untuk memperbaiki dimana saluran air yang bocor sehingga tidak sampai ke sasaran. Jadi, nanti kita tengok dimana letak masalahnya,” ujar Syafril Daus yang juga didampingi kontraktor yang akan mengerjakan saluran irigasi tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Syafril Daus meneliti satu persatu tiap saluran yang akan diperbaiki dan menandai bila ditemukan adanya saluran yang bacor dan harus diperbaiki, sekaligus minta pengertian para petani bila nantinya ada diantara saluran yang harus diperbaiki.

“Jadi saya harapkan benar pengertian bapak-bapak jika ada saluran yang mengarah ke lahan bapak yang diperbaiki. Jadi bersabar dulu menjelang semennya kering agar salurannya bisa tahan lama dan tidak cepat rusak,” ujar Syafril Daus.

Sementara anggota Komisi I DPRD Sumbar Taufik Hidayat ketika ditanya tentang dana aspirasi yang diberikannya tersebut mengatakan, dana yang diberikan tersebut merupakan sebagian dana dana aspirasi pribadinya yang diberikan kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan, sesuai janji yang dilontarkan saat kampanye pemilu 2014 lalu.

Pasalnya, lanjut mantan manager di Johor Corporations itu, selain memberikan dana aspirasi untuk perbaikan irigasi di Koto Pulai yang mengairi lahan persawahan di Kelurahan Koto Pulai, Balai Gadang, Batipuh Panjang dan Kelurahan Batang Kabung Ganting tersebut, dia juga memberikan dana aspirasi untuk perbaikan Daerah Irigasi (DI) Gunung Nago yang mengairi areal persawahan masyarakat di Kelurahan Anduring dan Lubuk Lintah.

Sementara khusus untuk daerah Belimbing di kecamatan Kuranji, lanjutnya,dia memberi dana aspirasi bagi penguatan tebing di daerah itu, agar masyarakat dapat hidup dengan tentram dan jauh dari bahaya bencana.

“Masyarakat yang betul-betul mendukung saya dan bukan hanya semata manis di bibir saja, pasti akan saya perhatikan, karena saya duduk di DPRD itu kan karena mereka,” katanya mengakhiri.

 


Jangan Lewatkan