oleh



Tidak Cukup Kuorum, Sidang DPRD Propemperda Tertunda

BATUSANGKAR (Metrans)

Sidang Paripurna DPRD Tanah Datar dengan agenda penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2019 terpaksa tertunda hampir dua jam karena kehadiran anggota dewan belum cukup kuorum.

"Sidang seharusnya dimulai pukul 09.00 Wib, tapi terpaksa ditunda sampai hampir pukul 11.00 Wib karena belum cukup kuorum, kuorum kita minimal 18 anggota dari 35 orang jumlah anggota dewan," kata Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra usai sidang paripurna di Pagaruyung, Jumat 26/10.


Ia mengakui siap membuka persidangan pada 09.00 Wib, namun karena kehadiran anggota dewan pada saat itu baru tujuh orang, terpaksa sidang ditunda karena belum memenuhi kuorum.

Sampai pukul 10.00 Wib, kehadiran anggota Dewan baru mencapai 15 orang dan sekitar pukul 10.45 Wib baru mencapai kuorum sebanyak 19 orang.

Anton Yondra yang juga Penasehat Fraksi Partai Golkar, menyampaikan bahwa kehadiran anggota Fraksi Golkar sebanyak lima orang dari delapan orang, dimana tiga orang lainnya izin karena sakit dan ada urusan keluarga.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Gerindra Jonnedi mengatakan bahwa ia sudah hadir di gedung dewan pada pukul 08.00 Wib, dan dua anggota lainnya diperoleh informasi sakit dan urusan keluarga.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma juga mengingatkan kepada para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) khususnya pemrakarsa Propemperda untuk hadir setiap tahapan pembahasan Ranperda bersama Tim Badan Propemperda DPRD terutama dalam sidang paripurna.

"Tidak bagus dilihat bila OPD pemrakarsa Ranperda tidak hadir dalam sidang paripurna, karena bisa menghambat proses penyelesaian Ranperda dimaksud," tuturnya. (fan)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru