oleh

COKOK 2 PENGEDAR

Tiga Hari Bertugas, Kasat Narkoba Polres Limapuluh Kota 'Ngamuk'

LIMAPULUH KOTA (Metrans)

Bagi kalangan bandar, pengedar dan pecandu narkoba, khususnya di wilayah hukum Polres Payakumbuh, nama Hendri Has memang seorang anggota polisi yang paling ditakuti kalangan pemain narkoba.

Betapa tidak, ketika menjabat Kasat Narkoba di Polres Payakumbuh, perwira pertama (Pama) ini berhasil menggulung sejumlah bandar, pengedar dan pecandu narkoba yang 'bermain' di wilayah hukumnya.


Kuatnya komitmen polisi berpangkat Inspektur Polisi Satu (Iptu) ini, untuk memberantas peredaran narkoba di ranah Luak Limopuluah ini, ternyata dibuktikannya ketika dipercaya menjabat Kasatnarkoba Polres Limapuluh Kota. 

Buktinya, meski baru 3 hari setelah serah terima jabatan (sertijab) dari jabatan lamanya sebagai Kasubag Humas di Polres Payakumbuh dan Kasat Narkoba Polres Limapuluh Kota, pria yang akrab dengan insan pers ini "mengamuk" dengan berhasil meringkus 2 tersangka pengedar narkoba di wilayah hukum Polres Limapuluh Kota.

Dia mengungkapkan bahwa, tersangka pelaku penyalahgunaan narkoba yang berhasil ditangkap jajaran Satnarkoba Polres Limapuluh Kota ini diringkus di Jorong Kubang Tungkek, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota  

"Tersangka berinisial DH (41 tahun) ditangkap di Jorong Kubang Tungkek, Kecamatan Guguk, Selasa, 2 April 2019 sekira pukul 19.00 WIB," ujar Iptu Hendri Has.

Penangkapan terhadap tersangka DH, kata dia, berawal dari laporan masyarakat yang mengungkapkan di Jorong Kubang Tungkek, Dangung-dangung sering terjadi transaksi narkoba. Dari informasi tersebut, kemudian petugas melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus DH dengan teknik menyamar sebagai pembeli (undercover buy, -red).

Lebih lanjut dikatakan, dari tangan DH, petugas menyita barang bukti (BB) berupa 2 paket kecil narkotika jenis sabu-sabu yang dibungkus dengan plastik bening. Kemudian 1 buah plastik bening yang di dalamnya masih ada sabu sisa pakai, 1 buah alat hisap sabu (bong), serta 1 buah kaca pirex. 

Tak hanya itu, petugas juga menyita 2 buah telepon genggam, 1 buah kotak rokok berbahan seng yang diduga untuk menyimpan sabu-sabu itu dan 2 buah mancis (korek api) warna hijau dan merah.

"Untuk pengusutan lebih lanjut, tersangka DH bersama barang bukti sudah diamankan di Mapolres Limapuluh Kota guna proses penyidikan selanjutnya," ujar Iptu Hendri Has.


Ciduk Pengedar Ganja  

Setelah sukses menangkap seorang pengedar sabu-sabu di Jorong Kubang Tungkek, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Satnarkoba Polres Limapuluh Kota juga berhasil membekuk seorang pengedar narkoba jenis ganja kering di Jorong Maur, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (5/4) sekira pukul 16.15 WIB.

Kasat Narkoba Iptu Hendri Has mengatakan, tersangka pengedar ganja kering yang berhasil diciduk itu berinisal ABD (19 tahun) warga Jorong Maur, Kecamatan Mungka. Pria pengangguran itu ditangkap dan digeledah tim Opsnal Satresnarkoba disaksikan perangkat kenagarian setempat.

Dari hasil penggeledahan, petugas menyita barang bukti 1 paket sedang narkoba jenis ganja yang dibungkus dengan kertas warna coklat dan dilapisi plastik warna hitam. Kemudian, 1 paket kecil ganja yang dibungkus dengan plastik bening dan disimpan dalam kemasan rokok, serta 1 unit telepon genggam merek Samsung warna hitam. 

"Kronologi penangkapan tersangka berawal dari informasi yang diberikan oleh masyarakat  bahwa di Jorong Maur, Kecamatan Mungka, sering terjadi transaksi narkotika. Kemudian atas informasi tersebut dilakukan penyelidikan dan dari hasil penyelidikan petugas melakukan penangkapan terhadap tersangka dengan teknik undercover buy (menyamar)," tutupnya. (li2)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru