oleh



Tingkatkan Pelayanan, Kini Wajib Pajak di Pessel Bisa Bayar Pajak Online

PAINAN (Metrans)

Guna mempermudah serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melakukan kerjasama dengan PT Bank Nagari Sumatera Barat (Sumbar) Cabang Painan dalam pelayanan sistem online penerimaan pajak daerah.

Acara launching penerimaan pajak daerah melalui sistem Nagari Cash Management (NCM) Bank Nagari itu diawali dengan penandatanganan naskah kerjasama antara Kepala Badan Pendapatan Daerah setempat, Dasrianto Putra, dengan Pimpinan Cabang Bank Nagari Cabang Painan, Ir. Almaizar, MM dan diketahui oleh Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni, Senin (8/4).


Dalam sambutannya, Bupati Pessel, Hendrajoni menyampaikan bahwa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak, daerah itu melakukan inovasi baru melalui Badan Pendapatan Daerah dengan menerapkan layanan sistem Online Penerimaan Pajak Daerah (OP2D).

"Dengan adanya sistem ini masyarakat, pemerintah nagari tidak perlu langsung datang ke Badan Pendapatan Daerah, tapi cukup dengan menggunakan aplikasi NCM," kata dia.

Ia menyampaikan, inovasi baru melalui Badan Pendapatan itu dalam bentuk kerjasama dengan Bank Nagari Cabang Painan dalam hal pembayaran pajak daerah secara online. 

"Inovasi ini akan memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat, khususnya yang berjarak jauh dari pusat pemerintahan. Seperti halnya masyarakat yang berasal dari Kecamatan Siluat, Lunang, Basa Ampek Balai Tapan, dan Ranah Ampek Balai," ungkapnya.  

Kabupaten Pesisir Selatan, kata dia, dalam penerapan sistem NCM penerimaan pajak daerah merupakan kabupaten ketiga di Sumatera Barat, setelah Kota Padang dan Payakumbuh.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Pessel, Dasrianto Putra mengungkapkan bahwa melalui sistem berbasis online itu, pihaknya juga bisa menertibkan pengelolaan terkait dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Sebab kita dapat melakukan download Softcopy data, dari hasil penerimaan pembayaran pajak daerah setiap hari kerja. Melalui sistem ini pula, saya berharap penerimaan pajak juga bisa meningkat, di samping juga terhindar dari kebocoran," ungkapnya. (mil)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru