oleh



Tunjang Kinerja, Diskominfo Kota Solok Serahkan 11 Aplikasi Siap Pakai ke Sejumlah OPD

SOLOK (Metrans)

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Solok membuat terobosan baru berbasis teknologi. Terbaru, sebanyak 11 aplikasi yang sudah siap pakai, diserahkan ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk menunjang kinerja dan pelayanan ke masyarakat.

Asisten Bidang Administrasi Umum Pemko Solok, Muhammad, menyerahkan langsung Aplikasi-aplikasi yang diajukan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika oleh beberapa OPD dilingkup Pemerintah Kota Solok di Pelataran Depan Kantor Bappeda Kota Solok, Senin (5/7). 


"Aplikasi ini sudah siap pakai. Sebuah terobosan dari Dinas Kominfo untuk menunjang kinerja dan meningkatkan layanan ke masyarakat. Karena itu, sangat ditekankan seluruh OPD yang sudah memiliki aplikasi ini untuk mempergunakannya semaksimal mungkin. Jangan sampai, setelah diminta dibuatkan Kominfo, lalu aplikasi ini tidak dipakai," tegas Muhammad.

Aplikasi-aplikasi yang diserahkan merupakan ajuan dari beberapa OPD dalam membantu penunjang Kinerja ASN dan masyarakat dalam melaksanakan pelaporan. Aplikasi yang diserahkan meliputi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian, Pengajuan dari BKPSDM, Sistem Informasi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana dan Website BPBD Kota Solok, Aplikasi PUSPINA (Pusat Informasi Kebencanaan) berbasis android, pengajuan dari BPBD Kota Solok, Aplikasi Informasi Pendataan Bangunan Berizin Mendirikan Bangunan, Pengajuan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. 

Selain itu, juga Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Online Berbasis Zonasi, pengajuan dari Dinas Pendidikan, Sistem Informasi Tera Online, pengajuan dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Sistem Laporan Kerja Non PNS, pengajuan dari SATPOL PP, Aplikasi Data Pokok Perencanaan, Pengajuan dari SATPOL PP, Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Pertanian, Pengajuan dari Dinas Pertanian, Aplikasi Akuntansi Koperasi, Pengajuan dari KPN Balaikota Solok. 

Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Zulfadli, menyatakan penyerahan kali ini, merupakan tahap kedua oleh Kominfo Kota Solok. Zulfadli menuturkan, saat ini total sudah 32 aplikasi yang dibuat Kominfo Kota Solok. 

"Aplikasi ini berbasis teknologi. Sejumlah aplikasi bisa membuat interaksi masyarakat dengan OPD Pemko Solok. Misalnya aplikasi berbasis android, yang bisa dimanfaatkan masyarakat kapan saja," ujarnya. 

Untuk menunjang aplikasi tersebut, Kominfo Kota Solok juga memberikan pembinaan dan cara pemakaian aplikasi ke OPD terkait. Serta perawatan (maintenance), jika aplikasi tersebut ditemukan masalah.

"Kita memiliki 4 orang programmer di Kominfo Kota Solok, serta sejumlah tenaga ahli teknologi lainnya. Kita harapkan OPD-OPD yang memiliki dan mempergunakan aplikasi ini untuk bisa memberikan saran dan masukan, agar aplikasi-aplikasi tersebut bisa lebih sempurna," ujarnya.

Dalam waktu dekat ini, Kominfo Kota Solok, sedang merencanakan aplikasi baru terkait penanggulangan bencana. Yakni, nomor bebas pulsa yang bisa digunakan siapa, saat terjadi bencana atau insiden. Seperti laporan jika ada orang hanyut, orang jatuh dari pohon, kebakaran, dan sebagainya. 

"Dalam waktu dekat ini, kami akan ke BNPB dan Kominfo Pusat untuk mengurus pembuatan aplikasi ini. Rencananya, nomor bebas pulsa yang digunakan adalah 112. Saat masyarakat menghubungi nomor ini untuk melaporkan adanya peristiwa, BPBD Kota Solok akan langsung turun ke lokasi," ujarnya. (rijal islamy)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru