oleh

MERIAHKAN PKM GANJIL 2019

UKM Seni PNP Gelar Berbagai Macam Lomba, Ini Rangkaiannya

PADANG (Metrans)

Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) kembali digelar di Politeknik Negeri Padang. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap semester di lingkungan kampus tersebut, akan dimulai pada Senin 28 Oktober dan berakhir pada Jumat 1 November 2019 dengan mengusung tema "Nusantara Bersaudara" dan akan diramaikan dengan ratusan acara yang digelar oleh organisasi-organisasi kampus.

Unit Kegiatan Mahasiswa Seni (UKM-Seni) Politeknik Negeri Padang sebagai salah satu organisasi mahasiswa (ormawa) di PNP juga ikut memeriahkan kegiatan tersebut dengan mengadakan beberapa perlombaan di tingkat kampus, hingga tingkat umum.


"Ada 7 perlombaan yang akan kita helat pada PKM kali ini. Lomba itu di antaranya lomba solo song, lomba cipta puisi, parade tari, lomba desain poster, lomba stand up comedy, parade band dan fashion show," kata Ketua UKM Seni PNP, Abdul Rahman Saffen melalui Ketua Pelaksana, Muhammad Ikhsan, Rabu (23/10).

Untuk lomba solo song, kata dia, merupakan perlombaan menyanyi solo untuk umum sehingga masyarakat umum dapat ikut meramaikan acara PKM semester ganjil ini. Kompetisi ini bertujuan meningkatkan daya cipta dan kreativitas masyarakat umum dalam bernyanyi serta menyalurkan kebutuhan masyarakat akan adanya hiburan yang sehat dan menyenangkan.

"Kemudian ada lomba cipta puisi. Lomba ini digelar melalui sosial media. Kita menggelar lomba ini agar semua orang dapat menuangkan perasaannya tentang negeri ini pada sebuah karya yang indah," kata dia.

Lomba ketiga, yakni parade tari. Ia menjelaskan, parade tari adalah iring-iringan sekelompok orang yang menampilkan tarian yang dilakukan dengan menggunakan kostum dan musik tarian itu sendiri.

"Kemudian kita juga ada lomba desain poster yang merupakan perlombaan yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukiran besar atau kecil. Kemudian juga ada lomba stand up comedy tingkat kampus, parade band untuk umum yang dapat meramaikan acara PKM ini. Terakhir, ada lomba fashion show yang juga terbuka untum umum bertemakan 'Batik Nusantara'," lanjut dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan kegiatan ini agar dapat membangun bibit potensi mahasiswa PNP di bidang seni. Kemudian menyalurkan minat dan bakat masyarakat pada umumnya dan mahasiswa khususnya melalui penyelenggaraan event.

"Untuk masyarakat umum ataupun mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri dalam lomba-lomba itu, dapat langsung menghubungi kami melalui kontak yang terdaftar di pamflet atau mendatangi sekretariat kami di kampus," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan PNP, Maidar S.Tp, MM mengatakan, ini sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan "Soft Skill" mahasiswa, agar ketika tamat mereka tidak hanya mempunyai kemampuan akademik saja.

"Mereka dapat meningkatkan softskill mereka, bagaimana membuat acara yang bagus dan menarik, hingga meningkatkan silaturahmi sesama mahasiswa maupun dengan masyarakat diluar kampus yang datang ke acara ini. Mahasiswa bisa belajar mengembangkan kreatifitas, kepemimpinan, kerja sama, dan kemampuan lainnya yang tidak didapatkan di dalam kelas ketika belajar," kata dia kepada media ini.

[Raihan Al Karim]


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru