Cegah Pencurian Kendaraan Bermotor

Unand Terapkan Sistem Tiket Parkir

Gerbang Kampus Unand
Padang, (Metro Andalas) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, mulai menerapkan sistem tiket untuk parkir guna mencegah kriminalitas seperti pencurian kendaraan motor.

"Sistem ini telah diterapkan sejak Senin (5/12) lalu di beberapa lokasi yang strategis dan rawan kriminalitas tersebut," kata Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Unand, Dafruddin di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan, sistem ini menggunakan tiket sebagai syarat untuk masuk dan keluar wilayah kampus.

Dalam hal ini pada gerbang lokasi terdapat petugas satuan pengamanan yang bertugas memberikan saat masuk dan mengambil kembali saat keluar.

"Saat ini kartu masih berupa karton hingga selesai di cetak maka akan menggunakan kartu khusus," katanya.

Menurut dia, penerapan sistem tiket ini menjadi jawaban pimpinan kampus atas banyaknya keluhan warga kampus dengan maraknya pencurian kendaraan.

"Beberapa waktu lalu kami mendengar informasi buruknya keamanan di Unand, sistem ini diharapkan dapat menoleransi hal tersebut," katanya.

Dia menambahkan, sistem tiket parkir ini juga digunakan untuk memberikan kesan positif kepada tamu yang datang khususnya dari luar Sumbar.

Sebab, kata dia, saat ini intensitas tamu yang datang ke Unand terus meningkat khususnya dari luar negeri.

"Unand cukup strategis secara kedudukan perguruan tinggi di Indonesia, tentu perlu prioritas pelayanan yang baik," ujarnya.

Ke depan sistem ini akan dibuat secara elektronik mirip sistem di Bandara Internasional bahkan dibuat sistem parkir meter.

Sementara itu, salah satu warga di sekitar kampus Unand Yanti berharap penerapan sistem modern untuk parkir tersebut dapat diadopsikan di sekitar rumah warga.

"Bila sukses diterapkan di kantor, diharapkan sistem keamanan tersebut dipraktikan di sekitar rumah warga kampus," katanya.

Sebab tindakan kriminal tidak hanya langsung menyerang kampus tapi bertahap melalui rumah warga. (mrd)


Jangan Lewatkan