oleh



UNP Akan Beri Gelar Doktor "Honoris Causa" ke Megawati

PADANG (Metrans)

Universitas Negeri Padang (UNP) dalam waktu dekat akan memberikan penghargaan Gelar Doktor "Honoris Causa" kepada mantan presiden Republik Indonesia (RI) ke-5 Megawati Soekarnoputri. Penghargaan akan diberikan kepada Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu akan dilaksanakan di UNP 27 September 2017 mendatang.

Pemberian gelar doktor kehormatan oleh UNP ini didasari pada jasa Megawati dalam dunia pendidikan terutama dalam mencerdaskan anak bangsa. Pasalnya Megawati berjasa dalam bidang pendidikan, dengan dikeluarkannya Unadang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


"Jasa Megawati untuk bangsa ini sudah banyak, salah satunya UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menghasilkan paradigma baru pada dunia pendidikan dari era orde baru ke era reformasi," kata Ganefri saat jamuan makan siang kepada Ir Hasto Kristiyanto, politisi PDIP, Prof Dr. Ir Rokhmin Dahuri, MS, mantan Menteri Kelautan, Selasa (19/9) yang lalu.

Dikatakannya, sistem pendidikan nasional tersebut menghapus diskriminasi pendidikan antara sekolah negeri dengan swasta. Dalam aturan itu juga tercantum pengalokasian anggaran 20 persen dari APBN untuk pendidikan, baik pusat maupun daerah. Maka hal ini yang mendasari pemberian gelar doktor ke Ketua Umum PDI-P tersebut.

Pemberian gelar doktor ini dipromotori oleh sejumlah Guru Besar UNP, yakni Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd., Prof. Dr. Harris Effendi Thahar, M.Pd., Prof. Dasman Lanin, M.Pd., Ph.D., dan Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc., serta Prof. Dr. Mestika Zed., MA., dan Prof. Drs. H. Abdul Malik Fadjar, M.Sc., sebagai tim kontributor.

“Senat universitas UU pendidikan yang dilahirkan tahun 2003 cukup komprehensif hingga saat ini, bahkan dalam dunia pendidikan juga banyak terjadi perubahan fundamental, tidak ada lagi deskriminasi di tingkat pendidikan,” jelas Rekto UNP ini.

Pemberian gelar ini direncanakan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, Menteri Kabinet Kerja, dan Menteri di era cabinet Megawati Soekarnoputri. “Kita rencananya presiden akan ikut hadir pada pemberian gelar kehormatan tersebut,” sebutnya.

Sementara Sekretaris Jenderal PDI-P, Hasto Kristiyanto menyebutkan jasa Megawati terhadap bangsa ini sangat besar. Salah satu menurutnya melalui sistem pendidikan nasional yang dikeluarkan pada saat Megawati sebagai Presiden RI.

“Penghargaan ini gelar doktor yang ke-5 diterima Megawati Soekarnoputri, atas prestasi yang diraihnya dalam memimpin bangsa ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Megawati juga pernah mendapat gelar doktor kehormatan dari universitas di luar negeri, yakni Wasseda University, Jepang, Moscow State Institute, Rusia; dan MIT Ocean University, Korea Selatan. Maka, setelah diberi Universitas Padjajaran pada 25 Mei 2016 dibidang politik dan pemerintahan, UNP merupakan kampus kedua yang ada di Indonesia memberikan gelar ke Megawati Soekarnoputri. (why)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru