Wabup Tanah Datar Jadi Joki Pacu Jawi di Padang Magek

Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma jadi joki menandai pembukaan pacu jawi di nagari Padang Magek Rambatan Sabtu (23/6).

BATUSANGKAR (Metrans).

Pacu Jawi merupakan Alek Anak Nagari Kabupaten Tanah Datar yang meriahkan usai panen padi. Alek pacu jawi digelar di empat kecamatan yakni kecamatan Pariangan, Rambatan, Lima Kaum dan Sungai Tarab, pelaksanaan pacu jawi belakangan ini sudah mendunia, dimana foto pacu jawi sudah dijepret oleh fotografer nasional dan internasional.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Zuldafri Darma pada pembukaan Alek Pacu Jawi di sawah jambu jorong Bulakan nagari Padang Magek, Rambatan, Sabtu (24/6).


"pacu jawi adalah iven anak nagari kita dan saat ini sudah mendunia, ini terbukti dengan banyaknya para pencinta fotography dalam dan luar negeri yang datang untuk mengabadikan momen-momen menarik dalam balapan sapi di atas lumpur sawah tersebut, jadi mari kita dukung bersama-sama," katanya.

Pada kesempatan tersebut wabup juga imbau perantau dan masyarakat untuk memvote pacu jawi sebagai atraksi budaya terpopuler Indonesia tahun 2018.

"Mari kita vote bersama-sama dengan kirim sms ke 99386 dengan cara ketik API spasi 8C," ucapnya.

Wabup Zuldafri Darma menyebutkan, ivent ini sangat bermanfaat selain harga sapi-sapi ini naik hingga mencapai Rp.50 juta per ekor juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disekitarnya, karena banyaknya masyarakat yang berjualan aneka makanan, minuman dan lainnya.

Selain itu Zuldafri juga mengucapkan selamat datang pada perantau IKPM yang lebaran ini banyak yang pulang kampung dan sampaikan apresiasi serta ucapkan terima kasih pada perantau serta masyarakat yang menggelar alek nagari pacu jawi itu.

Sebagai upaya dukungan terhadap pacu jawi sebagai atraksi budaya terpopuler Indonesia itu dan kecintaannya terhadap ivent yang satu ini, tak segan-segan Wabup Zuldafri Darma turun masuk lumpur dan memegang kendali dua ekor sapi yang diberi nama TD2 itu.

Dengan disoraki ribuan penonton yang menyaksikan, wabup yang bertindak sebagai joki itu sembari memegangi dua ekor sapi ini, memacu larinya sapi-sapi tersebut hingga terjatuh masuk lumpur.

Sebelumnya tokoh perantau IKPM H. Alisar katakan kegiatan ini juga sebagai rangkaian dari kegiatan pulang basamo tahun 2018, yang sebelumnya juga dilaksanakan pertandingan bola kaki anak PAUD, futsal yang diikuti oleh seluruh jorong yang ada di Padang Magek dengan memperebutakan tropi bergilir.

Ia juga ucapkan terima kasih, pada pemerintah daerah, pemerintah nagari dan masyarakat yang telah mensukseskan agenda pulang basamo tersebut.

Ketua Alek S. Dt. Siampa katakan kegiatan alek pacu jawi ini pertama dilaksanakan di sawah batuang tersebut, setalah 20 tahun tidak dilaksanakan pacu jawi di lokasi itu. Ia berharap kegiatan ini kedepan akan terus berlanjut di lokasi sawah batuang Jorong Bulakan sesuai kalender Porwi selanjutnya.

"Alek anak nagari pacu jawi Nagari Padang Magek ini merupakan kerjasama dengan IKPM Nusantara pulang basamo dan dilaksanakan tanggal 23, 30 Juni dan 07, 14, 21 Juli mendatang," ucapnya.

Turut menyaksikan alek pacu jawi kali ini, Anggota DPRD, kabid Dinas Pariwisata, Camat Rambatan, Forkopimca, Wali Nagari Padang Magek dan tokoh perantau lainnya.(eri)


Jangan Lewatkan