oleh



Wagub : Main Stadion Tuntas 2020

PADANG (Metrans)
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit optimitis pengerjaan main stadion yang dibangun di Padangpariaman bakal tuntas 2020 mendatang. Soalnya, saat ini pengerjaan sudah sampai 40 persen. 

“Kita akan buru pengejaraan, soalnya tahun 2020 nanti banyak iven nasional yang akan digelar di Sumbar, salah satunya MTQ, stadion ini akan dijadikan lokasi pelaksanaan iven ini,”ujar Nasrul Abit saat berdiskusi dengan wartawan olahraga yang tergabung dalam FWOS di Kantor Gubernur, Kamis (14/3).

Stadion ini, katanya, juga sarana bagi Sumbar untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah PON 2024. Kalau sarana ini belum tuntas tentu sulit bagi Sumbar untuk mengajukan diri jadi sebagai tuan rumah pesta olahraga empat tahunan itu.


Nasrul Abit mengakui perjuangan Sumbar tidak akan mudah. Apalagi beberapa daerah lain, seperti Aceh dan Sumut juga menunjukkan keseriusan untuk bertindak sebagai tuan rumah. Karenanya, beberapa fasilitas pendukung harus bisa dituntaskan sesegera mungkin, salah satunya adalah main stadion di Kabupatan Padangpariaman yang direncanakan tuntas 2020 ini.

“Pada tahun 2010, main stadion di Padangpariaman sudah harus bisa dipakai. Hal itu akan menjadi nilai tambah dalam pengajuan diri sebagai tuan rumah,” katanya.
Dijelaskannya, untuk membangun stadion itu diperkirakan akan memakan dana mencapai Rp 1,6 triliun dan sampai sejauh ini proses pembangunan sudah menapai 40 persen. “Minimal lapangan dan tribun sudah tuntas tahun 2020. Baru setelah itu dibangun fasilitas mendukungnya,”tegasnya.

Seperti diketahui Stadion Utama Sumbar ini terletak di Nagari Sikabu dan Lubuk Alung dengan luas lahan 38,5 hektar. Lokasi Stadion Utama  itu sangat strategis karena berada di Jalan Lingkar Duku-Sicincin dan  berjarak tempuh 20 menit dari Bandara Internasional Minangkabau. Stadion Utama ini sebagai persiapan Sumbar sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2024.

Dana pembangunan bersumber dari APBN dan APBD Propinsi Sumatera Barat. Stadion ini didisain salah satu termegah di Indonesia. Stadion ini menjadi kebanggaan Ranah Minang. (can)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru