Wagub Sumbar Tinjau Banjir di Jondul Padang Selatan

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit saat meninjau lokasi banjir di Jondul Padang Selatan, Rabu (31/5).

PADANG (Metrans)

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit meninjaui lokasi banjir di Jondul Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Rabu (31/5). Hujan yang menguyur Kota Padang  sejak Rabu dinihari itu membuat beberapa daerah Kota Padang banjir termasuk di Jondul Kecamatan Padang Selatan.

Beberapa titik memang terjadi banjir seperti daerah Lapai, Maransi, Jondul  ini merupakan langanan banjir kalau hari hujan berjam-jam.


Wakil gubernur saat meninjau lokasi banjir di Jondul Kecamatan Padang Selatan, mengatakan, pemprov akan mencari apa benar penyebab banjir di daerah ini, apakah masalah bandar yang kecil sehingga tersumbatnya aliran air ke muara, atau tidak tersedia pelepasan air  yang bagus.

Sementara kepada warga Jondul wagub meminta sekiranya ada perbaikan bandar masyarakat tentu harus berlapang dada memberikan tanahnya untuk perbaikan bandar, sehinga penanganan banjir selama ini dapat di atasi.

“Yang jelas ini merupakan tanggung jawab pemerintah, jadi apa yang menjadi tugas Pemko atau apa pula yang menjadi tangung jawab provinsi bersama kita bicarakan," ucap wagub.

Menurut warga Jondul yang dihuni warga komplek dan warga lainnya, setiap hujan yang agak lama, selalu banjir.

"Ini telah terjadi puluhan tahun tanpa ada solusi sampai saat ini," ujar warga kepada wagub.

Hal itu juga dibenarkan oleh  Camat Padang Selatan Fuji Astomi yang ikut mendampingi Wagub. Ditambahkan Fuji, untuk solusi penanganan banjir di Jondul ini telah disampaikan ke Dinas PU Kota Padang, namun sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya.

Usai perninjauan lapangan Wakil Gubernur berserta dinas terkait sengaja melakukan rapat tentang penanganan banjir di Jondul Kecamatan Padang Selatan termasuk di beberapa titik di daerah Kota Padang.

Ikut mendampingi wagub di lapangan Kepala BPBD Sumbar Nasridal Patria, serta dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota Padang. (Rel)


Jangan Lewatkan