WISUDA PERIODE KE 108

Walikota Padang Dukung Internasionalisasi UNP

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah ketika memberi sambutan dalam acara wisuda UNP periode ke 108 di GOR UNP, Sabtu (25/3).

PADANG (Metrans)
Keberhasilan Universitas Negeri Padang (UNP) meraih predikat akreditasi “A” dari Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), UNP semakin berkomitmen untuk menjadikan Perguruan Tinggi (PT) yang berkualitas tingkat internasional.

Upaya pihak UNP ini disambut baik oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah yang berkesempatan memberi sambutan di acara wisuda UNP periode ke 108 di Gelanggang Olah Raga (GOR) UNP, Sabtu (25/3). Mahyeldi berpendapat hal ini sebagai upaya UNP dalam membangun masyarakat kota Padang dan Sumatera Barat yang berkualitas di dunia pendidikan.

“Kami dari pemerintah kota Padang sangat mendukung upaya UNP ini, selama ini UNP juga sudah banyak berkontribusi untuk kota Padang, Sumbar, negara, bahkan membawa nama ranah minang di tingkat nasional dan internasional,” ungkap Walikota Padang ini.


Mahyeldi menyebutkan pemerintah dan PT harus bersinergi dalam berbagai bidang, terutama di bidang pendidikan. Menurut Mahyeldi ini sebagai langkah untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM), sekaligus menggairahkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumatera Barat. Walikota Padang juga berharap PT termasuk UNP harus selalu menghadirkan program internasional.

“Mari kita internasionalkan UNP, kota Padang, Sumatera Barat, dan ranah minang,” seru Mahyeldi di hadapan rektor, civitas akademika UNP, tamu undangan, dan ratusan wisudawan.

Sementara Rektor UNP, Prof. Dr. Ganefri, Ph.D., berpendapat momentum akreditasi “A” saat yang tepat melakukan refleksi dan tantangan dalam pengelolaan internal, baik mutu manajemen, pelayanan, dan pelaksanaan pendidikan. Menurut Ganefri, akreditasi “A” ini modal untuk Merintis Internasionalisasi UNP, menuju universitas berdaya saing tingkat nasional, regional, dan sebagai salah satu universitas unggul di Asia Tenggara tahun 2025.

Rektor UNP ini menyebutkan saat ini UNP telah memiliki modal yang baik dilihat dari berbagai indikator. Selain institusi, Ganefri juga mengatakan 24 program studi juga sudah terakreditasi “A”. Ia pun menegaskan dalam waktu dekat empat jurusan, seperti Manajemen, Teknik Elektro, Kimia, dan Bahasa Inggri akan dilakukan proses akreditasi internasional versi Asean University Network Quality Assurance (AUN QA).

Upaya ini dilakukan menurut Ganefri untuk merintis internasionalisasi UNP dengan berbagai transformasi, salah satunya menuju research universty. Ia berpendapat untuk mendapat pengakuan internasional, dibutuhkan kerjasama semua civitas akademika dan stakeholders, dengan membangun pondasi good university, good governance, serta good human capital.

“Kita harus unggul tiga pilar sesuai misi UNP, seperti bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kita juga sedang berupaya mengubah status UNP dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), sekaligus sebagai role model untuk pembangunan yang berkelanjutan bagi masyarakat masa depan,” tambah Ganefri. (why)


Jangan Lewatkan