oleh



Wisuda Keenam IAIN Batusangkar Hasilkan 502 Lulusan

BATUSANGKAR (Metrans)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar mewisuda 502 lulusan yang dipimpin oleh Rektor Dr.H.Kasmuri dihadiri Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Wakil Rektor, Dekan, Direktru Pascasarjana dan Pejabat Struktural , bertempat di Auditorium setempat, Rabu (26/9).

Rektor IAIN Batusangkar Kasmuri pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada wisudawan dan diharapkan dapat memanfaatkan dengan baik pengalaman yang didapatkan selama kuliah, baik dalam organisasi kemahasiswaan maupun pengalaman dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah. Saudara akan kembali ke masyarakat yang penuh persaingan dan tantangan yang harus dihadapi.


Kasmuri juga ungkapkan Alumni IAIN Batusangkar telah mampu menunjukkan kiprahnya dalam berbagai bidang. Di antara tampil sebagai pemimpin eksekutif daerah, anggota dewan, pedagang sukses, dan bahkan ada yang berkiprah di tingkat nasional dan international.

Kedepannya Ia katakan, IAIN Batusangkar akan tetap berbenah terus menuju kemajuan, agar harapan masyarakat terhadap IAIN Batusangkar mampu dijawab oleh para alumni dan sarjana yang baru di wisuda, alumni IAIN Batusangkar harus berperan aktif dalam pembangunan Nagari nya masing masing. Kasmuri juga berharap agar seluruh lapisan masyarakat mendukung penuh IAIN Batusangkar untuk mengembangkan diri, sehingga apa yang kita cita citakan bersama bisa tercapai.

Wisuda kali ini merupakan wisuda ke enam setelah STAIN Batusangkar resmi beralih status menjadi IAIN Batusangkar, karena itu selama perjanan yang masih tergolong relatif pendek, kami selaku Rektor ingin berbagi informasi perkembangan perguruan Tinngi Islam di Batusangkar kepada seluruh undangan.

“Pertama penguatan dan pengembangan kelembagaan terus dilakukan di kampus yang kita dambakan ini, dengan terbukti, 25 Jurusan lima diantara nya Akreditasinya A. Dalam segi peminat ke IAIN Batusangkar pada tahun ini, tercatat 6.560 orang pendaftar, karena ketebatasan fasilitas yang kita miliki, hanya 1982 orang yang bisa kita terima di IAIN Batusangkar,’ ucapnya.

Dengan keterbatasan itu, pada tahun 2018 kita sedang melaksanakan pembagunan fisik di lahan kampus II yang berlokasi di Nagari Parambahan-Cubadak, yang sedang dalam pembangun tahun ini gedung Fakultas Syariah dengan biaya pembangunan gedung ini senilai 35 Milyar yang berasal dari dana SBSN.

Sementara Bupati Irdinansyah mengucapkan selamat terkhusus para wisudawan/ti atas jerih payah dan usahanya sehingga dapat menyelesaikan satu tahap jenjang pendidikan dan juga kepada orang tua yang telah memfasilitasi, motivasi terhadap anak-anak mereka, sehinnga mendapatkan gelar Sarjana, kepada seluruh wisudawan/ti bisa mengaplikasikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat, mampu berperan aktif untuk membagun bangsa dan negara.

“IAIN Batusangkar dalam usia yang cukup dewasa ini, harus mampu menata diri sebagai lembaga yang berkualitas, tidak cukup puas memiliki akreditasi yang ditetapakan, tetapi harus berbenah dan meningkatkan kualitas seluruh aspek pendukung pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapakan IAIN Batusangkar, wisuda semacam ini merupaka bukti kesungguhan dan keberhasilan serta prestasi IAIN Batusangkar dalam mewujudkan komitmen untuk mencetak kader bangsa yang intelektual," ungkapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Wisuda Nairul Rahmi mengatakan sebanyak 502 orang wisudawan-wisudawati dari 4 Fakultas dan Program Pascasarjana. Masing-masing yiatu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 265 orang, Fakultas Syariah 60 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 132 dan Wisuda Perdana pada Fakultas Ushuluddin adab dan Dakwah 17 orang dilaksanakan wisuda pada hari Rabu/Kamis 26-27Sept 2018.

Pada kali ini kembali memberikan penghargaan kepada lima (5) wisudawan/ti lulusan terbaik, yakni Program Pascasarjana di raih oleh Yulia Febriani IPK (3.94) Prodi Ekonomi Syariah, Ilhamdi Saputra IPK (3.92) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syari’ah Roni Primananda, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Raudhatul Jannah IPK (3.84), Fakultas Ushuluddin adab dan Dakwah Fitri Andriani IPK (3.75) dan penerima Hasan Zaini Award, pada wisuda kali ini Yasni Januariza Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI). (eri)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru