Baru Dilantik Jadi Kajati Sumbar, Amran: Jangan Bermain dalam Perkara dan Proyek yang Berjalan!

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Amran saat memimpin apel pagi sebelum rapat, bersama Kepala Kejari se-Sumbar dan jajaran Kejati Sumbar. (Foto: Humas)

PADANG (Metrans)

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar), Amran baru saja dilantik beberapa hari yang lalu. Amran langsung mengingatkan anggotanya agar tidak "bermain" dengan perkara dan juga proyek yang sedang berjalan.

"Saya ingatkan kepada seluruh jajaran kejaksaan, agar tidak bermain dalam perkara dan juga proyek yang sedang berjalan, apapun itu bentuknya," ungkapnya, Senin (6/1).


Hal itu dikatakan Amran saat menggelar rapat bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) se-Sumbar dan jajaran Kejati Sumbar. Dalam rapat tersebut, ia juga menyampaikan 7 strategis Kejaksaan RI di tahun 2020 hingga 2024 mendatang.

Ada pun 7 langkah strategis tersebut antara lain, penegakkan hukum terhadap perkara korupsi, tidak saja dilakukan penindakan dan upaya pengembalian uang negara, melainkan perbaikan solusi suatu sistem agar perbuatan tersebut tidak diulangi lagi.

"Penanganan suatu perkara tidak hanya sekadar memidanakan pelaku dan mengembalikan kerugian keuangan negara, tetapi bagimana perbuatan tersebut tidak diulanginya lagi," katanya Senin (6/1).

Ia mengatakan, akan menciptakan mekanisme pengawasan yang ketat dalam rangka menjaga pelaksanaan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

"Diharapkan terciptanya penegakkan hukum yang transparan, akuntabel, dan bebas dari praktik korupsi," tambahannya.

Tak hanya itu, Amran juga menegaskan, agar anggotanya juga tidak berkeliaran ke dinas-dinas dan tempat-tempat hiburan malam. Ia juga berpesan kepada seluruh jajaran, agar selalu menjaga nama baik kejaksaan.

"Jika ada yang melanggar, akan dikenakan sangsi," tegas dia.

Pada rapat tersebut, seluruh anggota rapat mengaku siap melaksanakan perintah tersebut. Dalam rapat tersebut tampak dihadiri Kepala Kejari se-Sumbar dan jajaran Kejati Sumbar.


Jangan Lewatkan