DIKELUHKAN MASYARAKAT KE WAKIL GUBERNUR

Bidan Desa di Siberut Barat Hanya Bekerja Dua Hari dalam Sebulan

Wagub Sumbar Nasrul Abit bersalaman dengan warga saat melakuka n kunjungan kerja ke Siberut Barat Mentawai

SIBERUT (Metrans)

Sungguh ironis. Bidan desa Dusun Tiniti, Desa Sigapokna, Kecamatan Siberut Barat hanya masuk kerja dua hari dalam sebulan.

Hal itu menjadi keluhan masyarakat ketika Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit melakukan kunjungan kerja ke daerah tersebut.


"Kami sangat mengeluhkan bidan desa di Tiniti ini hanya datang dua kali dalam sebulan. Padahal kami sangat membutuhkan pelayanan kesehatan dari bidan yang menjadi satu-satunya tenaga kesehatan di Tiniti ini," kata salah seorang kepala suku, Samuel dihadapan Wagub Sumbar Nasrul Abit.

Samuel mengatakan dengan sering tidak adanya bidan desa tersebut membuat Polindes yang menjadi satu-satunya sarana kesehatan pemerintah tersebut hanya dua hari juga buka.

"Bagaimana kami mendapat pelayanan tenaga kesehatan jika Polindes sering tutup," katanya.

Menanggapi keluhan tersebut, Wagub Sumbar Nasrul Abit sangat kecewa. Nasrul langsung memerintahkan dinas kesehatan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja tenaga kesehatan, terutama di daerah tertinggal seperti di Tiniti, Siberut Barat.

"Sangat menyedihkan sekali. Seharusnya masyarakat tertinggal ini mendapatkan pelayanan yang bagus. Untuk itu, keluhan ini harus ditanggapi serius oleh dinas kesehatan," jelasnya.

Wagub mengakui kondisi geografis Mentawai yang berat membuat tenaga kesehatan tersebut kesulitan dalam menjalankan tugasnya.

"Harus dimaklumi juga kondisi geografis Mentawai membuat biaya yang dikeluarkan menjadi ekstra. Untuk itu kita akan memikirkan insentif lebih untuk meraka," kata Nasrul. (pep)


Jangan Lewatkan