Donor Darah Ramadan 2020 Usai, 1.600 Kantong Darah Terkumpul

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah didampingi Kepala UTD PMI Kota Padang Widyarman dan Pengurus PMI Sumbar Eko Yanche Edrie saat menyerahkan piagam penghargaan kepada para sponsor yang mendukung kegiatan donor darah Ramadan 2020.

PADANG (Metrans)

Ada yang menarik saat mengikuti aksi kemanusiaan donor darah yang diselenggarakan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang periode Ramadan 2020. Selain menyumbangkan darah sebagai bentuk partisipasi sosial, di daerah ini menyediakan hadiah menarik berupa satu unit sepeda motor Yamaha yang disumbangkan oleh para sponsor.

Selain satu unit sepeda motor Yamaha, PMI Kota Padang juga menyiapkan hadiah lain yang tidak kalah menarik, yaitu LED TV 32" Sharp, Mesin Cuci LG, Kulkas 1 Pintu Sharp, Kulkas 1 Pintu LG, Microwafe Elektrolux, Setrika Elektrolux, serta Bantal Spirit Kangaroo.


Alhasil, selama bulan Ramadan 1441 Hijriah ini, UTD PMI Kota Padang berhasil mengumpulkan lebih dari 1.600 kantong darah dalam kegiatan "Donor Darah Ramadan 2020" yang digelar di dua lokasi yang berbeda. Yakni di SJS Plaza Padang dan di Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Padang terhitung tanggal 27 April hingga 21 Mei 2020.

"Darah yang dikumpulkan oleh UTD PMI Kota Padang ini bukan hanya untuk pasien warga Kota Padang saja, tetapi juga untuk seluruh masyarakat Sumatera Barat," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya saat menutup kegiatan donor darah itu di SJS Plaza Padang, Kamis (21/5) malam.

Ia mengatakan, selama bulan Ramadan ini, minat orang untuk mendonorkan darah memang cenderung berkurang. Apalagi sejak diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Sumbar, membuat sebagian warga di Kota Padang untuk berdiam diri di rumah, ketimbang mendonorkan darah seperti biasanya.

"Padahal, kebutuhan darah untuk pasien yang sedang terbaring di rumah sakit tidak kurang dari 100 kantong per hari," ungkap Mahyeldi yang juga sebagai Ketua PMI Kota Padang itu.

Lebih lanjut kata dia, kegiatan donor darah seperti ini rutin diselenggarakan setiap tahun selama bulan Ramadan oleh UTD PMI Kota Padang. Hal ini merupakan solusi untuk mengatasi kelangkaan dan menipisnya stok darah di PMI selama bulan Ramadan.

Di sisi lain, untuk menarik perhatian masyarakat agar mendonorkan darahnya, PMI Kota Padang senantiasa bekerja sama dengan para sponsor dalam menyediakan beberapa bingkisan kepada setiap pendonor dan sejumlah hadiah yang nantinya akan diundi bagi pendonor yang beruntung.

Dalam kesempatan itu, Mahyeldi yang didampingi Kepala UTD PMI Kota Padang Widyarman dan Pengurus PMI Provinsi Sumbar Eko Yanche Edrie, juga menyerahkan piagam penghargaan kepada para sponsor, di antaranya SJS Plaza, Bank Nagari, Yayasan Baiturrahmah, Radio Arbes FM, Sharp Elektronik, LG Elektronik, Elektrolux, Unilever, Kalbe Nutrisional, Kao, Nestle dan Cahaya Baru.

Menutup sambutannya, Wali Kota Padang menyampaikan seruannnya kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, karena virus ini akan tetap ada di sekeliling kita selama vaksin virus ini belum ditemukan. Masyarakat diharapkan untuk membiasakan diri memakai masker jika keluar rumah, mencuci tangan dan mengkonsumsi makanan bergizi untuk menjaga imunitas tubuh dan terhindar dari penularan Covid-19. 

"Saat ini Pemerintah Daerah juga sedang merancang Peraturan Daerah tentang pemakaian masker dan menjaga jarak (phycal distancing) ini untuk diterapkan di tengah masyarakat," pungkas Mahyeldi.

[Jejeng Azwardi]


Jangan Lewatkan