ATASI MASALAH PANDEMI COVID-19

Mahasiswa KKN Tematik FK-Unand 'Turun Tangan'

PEKANBARU (Metrans)

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) ikut turun tangan dalam mengatasi masalah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. 

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa dibagi dalam tiga tim yang terdiri dari, tim laboratorium, tim informasi-edukasi, dan tim alat pelindung diri (APD). Ini semua sebagai bentuk upaya yang dapat dilakukan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona.


Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik FK Unand, Dr. Rozi Sastra Purna, M.Psi menjelaskan, ketiga tim tersebut memiliki tugas khususnya masing-masing.

“Tim Laboratorium bertugas membantu Laboratorium Biomedik Unand dalam menyusun adminitrasi dan logistic sertas specimen Covid-19,” kata Rozi Sastra Purna, Sabtu 16 Mai 2020

Sementara itu kata dia menambahkan, untuk Tim Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) bertugas memanfaatkan seluruh seluruh platform terutama media sosial dalam memberikan informasi kepada masyarakat luas. 

“Informasi yang diberikan tersebut berupa data sebaran Covid-19 serta edukasi mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona tersebut,” katanya.

Sedangkan, Tim Alat Pelindung Diri (APD) terang Rozi Sastra, bertugas dalam membuat dan mendistribusikan beragam bentuk APD kepada tempat pelayanan kesehatan rujukan dan masyarakat yang mebutuhkan. 

“Untuk pembuatan APD tersebut telah diberikan aturan oleh pihak kampus sesuai dengan standarisasi kesehatan yang berlaku,” katanya.

Sementara itu Atika Putri Hariandi dan Nabilah Putri Ananda yang merupakan mahasiswa FK Unand angkatan 2017 yang juga merupakan perwakilan dari KKN Tematik FK Unand kelompok 28 APD untuk bagian wilayah Pekanbaru menuturkan, untuk daerah Pekanbaru sendiri mereka berhasil mendistribusikan sejumlah 9 hazmat dan 32 faceshield ke RSUD Petala Bumi. 

Tak hanya itu, Atika dan Ananda juga berhasil mendistribusikan sebanyak 99 masker yang diberikan kepada masyarakat melalui posko Covid-19 yang terdapat di Kota Pekanbaru.

Menerima bantuan itu Kepala Bidang Penunjang Medis RSUD Petala Bumi, Eni Barorah mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan APD yang telah diberikan oleh mahasiswa KKN Tematik FK Unand dan berharap nantinya APD ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

Ketua Posko Covid-19 Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, S.STP, M.Si juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh mahasiswa FK Unand dan pihak kampus yang terlibat dalam kegiatan KKN Tematik FK Unand atas bantuan masker yang diberikan dan berharap semoga wabah ini bisa segera berhenti secepatnya.

“Kami segenap mahasiswa FK Unand berharap, dengan adanya kegiatan KKN Tematik ini dapat membantu pusat pelayanan kesehatan dan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Kami juga berharap semoga bumi pertiwi kita dapat lekas sembuh,” ujar mahasiswa FK Unand. (*)


Jangan Lewatkan