oleh



Peduli Pendidikan, BI Sumbar Salurkan Beasiswa kepada 300 Mahasiswa

PADANG (Metrans)

Wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat gelar Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Penyerahan Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2019 di Aula Anggun nan Tongga BI Sumbar, Rabu (25/9).

Program Beasiswa Bank Indonesia itu ditujukan untuk mahasiswa jenjang strata 1 (S1) pada perguruan tinggi di Indonesia yang meliputi antara lain program studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Statistika, dan sebagainya.  


"Di Provinsi Sumatera Barat, Program Beasiswa Bank Indonesia telah disalurkan kepada 200 mahasiswa/i pada empat perguruan tinggi negeri/swasta yaitu Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, UIN Imam Bonjol, dan Universitas Dharmas Indonesia," ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, Wahyu Purnama, Rabu (25/9).

Kemudian, kata dia, pada semester II 2019, jumlah penerima beasiswa ditambahkan 100 orang mahasiswa/i yang berasal dari 2 perguruan tinggi yaitu IAIN Batusangkar dan Universitas Bung Hatta sehingga secara keseluruhan Program Beasiswa Bank Indonesia di Sumatera Barat diberikan kepada 300 (tiga ratus mahasiswa) di 6 (enam) universitas.

"Pada hari ini, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan kedua perguruan tinggi tersebut, serta penyerahan secara simbolis beasiswa tahun 2019 kepada Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, UIN Imam Bonjol, IAIN Batusangkar dan Universitas Bung Hatta," tambah dia.

Ia mengatakan, satu orang mahasiswa akan mendapatkan beasiswa senilai Rp1 juta setiap bulannya. Namun, penyerahan beasiswa itu diserahkan dalam waktu satu kali dalam satu semester.

"Satu orang penerima beasiswa akan menerima sebesar Rp1 juta. Namun itu akan kita berikan dalam satu kali satu semester. Berarti, satu kali terima, mereka akan mendapatkan Rp6 juta. Kita akan pantau juga, bagaimana perkembangan prestasinya. Jika tidak memenuhi kualifikasi, akan dicopot beasiswanya," tambah dia.

Satu perguruan tinggi, kata dia, akan memperoleh kuota beasiswa sebanyak 50 mahasiswa. Itupun wajib memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan Bank Indonesia.

"Satu perguruan tinggi memiliki kuota 50 mahasiswa. Adapun kriteria pertama, mereka harus berprestasi dengan Indeks Prestasi (IP) di atas 3. Kedua, kita akan lihat dari ekonomi keluarga yang tidak mampu. Dari kriteria itu, diseleksi oleh perguruan tinggi masing-masing, kemudian kita lakukan wawancara," sebutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain memperoleh beasiswa untuk mendukung biaya pendidikan, Bank Indonesia turut mewadahi para penerima beasiswa tersebut dalam suatu komunitas yang diberi nama Generasi Baru Indonesia (GenBI).

"Program pembinaan GenBI meliputi program pengembangan karakter, kepemimpinan (leadership) dan kompetensi individu untuk mewujudkan generasi muda unggul dan berdaya saing. Melalui pemberian beasiswa ini, kami berharap Bank Indonesia dapat menjadi lembaga yang berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan untuk perguruan tinggi di Sumatera Barat," pungkasnya. (Raihan Al Karim)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru