oleh



PNP Open Karate Championship Ditabuh, 663 Atlet Sumatera Berlaga Perebutkan Piala Direktur

PADANG (Metrans)

Politeknik Negeri Padang (PNP) Open Karate Championship resmi dibuka di Gedung PKM PNP, Jumat (15/11). Sedikitnya 663 atlet karate dari klub, dojo, pengcab perguruan tinggi, pengcab Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) se-Sumatera Barat dan perwakilan perguruan tinggi se-Sumatera bertarung memperebutkan Piala Direktur dalam kompetisi ini.

"Total peserta yang ikut berlaga dalam kompetisi ini ada sebanyak 663 peserta yang terdiri dari 18 kontingen dari perguruan tinggi dan 51 kontingen dari SD, SMP, SMA/sederajat," ungkap Ketua Pelaksana Acara, Rahmad Syehmedi Pratama, Jumat (15/11).


Ia merinci, dari keseluruhan peserta itu terdiri dari 239 peserta tingkat SD, 152 peserta tingkat SMP dan 132 peserta tingkat SMA/sederajat yang akan bertanding di Open Tournament/Pelajar. Kemudian disusul dengan 140 peserta tingkat mahasiswa/perguruan tinggi.

"Untuk kelas, ada 42 kelas. Sementara, ada 168 medali yang diperebutkan pada pertandingan kali ini. Di antaranya 42 medali emas, 42 perak dan 84 perunggu," pungkasnya.

Sementara, Ketua Umum Forki Sumbar, Hendra Irwan Rahim melalui Sekretaris Umum, Alvira mengapresiasi kinerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jawara PNP selaku penyelenggara even ini.

"Selamat datang dan selamat berjuang bagi para peserta, baik yang dari Padang maupun di luar Padang. Kepada panitia, terima kasih sudah bekerja secara maksimal mempersiapkan acara ini mulai dari 2 bulan belakangan," ungkapnya.

Ia berharap, dengan upaya PNP menggelar kejuaraan seperti ini, semoga dapat menjadi asahan prestasi yang luar biasa bagi para atlet yang bertanding.

"2 minggu lalu para atlet kita sudah pulang mengikuti Kerjurnas Pra-PON dengan membawa 7 medali emas. Semoga kami bisa mengikuti PON 2020 di Papua. Juga tadi pagi berangkat tim Pomnas lebih kurang 15 atlet junior Sumbar ke Jakarta. Semoga mendapatkan hasil maksimal dan mengharumkan nama Sumbar," tambah dia.

Sementara, Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan, di sisi penyelenggaraan acara oleh UKM Jawara PNP, diharapkan dapat membentuk karakter dan menguatkan rasa kerjasama para mahasiswa dalam hal menggelar sebuah even.

"Kegiatan ini semoga dapat membentuk karakter dan menguatkan rasa kerjasama mahasiswa, bagaimana melaksanakan even yang sukses dan baik," pungkasnya.

Terpisah, Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Jawara PNP, Nasrullah menyatakan, untuk mendapatkan atlet yang berkualitas dan berprestasi tidak cukup dengan ketekunan dalam berlatih mengasah kemampuan diri, tapi perlu diuji secara rutin dalam kompetisi-kompetisi agar dapat dilihat dan dievaluasi hasil latihan para atlet.

Dalam rangka mencetak atlet muda yang dapat mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional ini, PNP sengaja menggandeng Forki Sumbar dan mengalokasikan uang pembinaan sebesar Rp15 juta kepada para pemenang. 

"Selain itu, hadiah yang diperebutkan adalah Trofi Juara Umum I, II dan III kategori Mahasiswa/Perguruan Tinggi, Trofi Juara Umum I, II dan III kategori Open Tournament/Pelajar, Medali Kejuaraan (Juara I, II dan III) dan Piagam Penghargaan, Best of The Best Putera dan Puetri SMP, SMA dan Mahasiswa," pungkasnya.

[Raihan Al Karim]


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru