Polisi Tetapkan Nahkoda Sebagai Tersangka Kasus Kapal Tenggelam di Pulau Angso Duo

Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan.

PARIAMAN (Metrans)

Penyidik Kepolisian Resor (Polres) Pariaman akhirnya menetapkan satu orang sebagai tersangka pelaku dalam kasus tenggelamnya kapal pembawa belasan wisatawan dari Pantai Gandoriah menuju Pulau Angso Duo, yang terjadi pada Sabtu (26/10) lalu.

Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan mengatakan, selain menetapkan satu tersangka dalam kasus ini, pihaknya juga akan melimpahkan kasus ini ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pariaman dalam waktu dekat.


Dari hasil penyelidikan dan penyidikan, telah diketahui tersangka kasus tersebut yakni sang nahkoda bernama Jabalnur itu untuk segera menemukan titik terang di kejaksaan.

"Menyangkut peristiwa kapal tenggelam tersebut, telah kita tindaklanjuti melalui Satreskrim dengan menetapkan 1 orang tersangka, yakni sang nahkoda dan kemungkinan minggu depan akan diberkas kasusnya dan dilimpahkan ke Kejaksaan," kata ungkapnya saat ekspos akhir tahun di Mapolres Pariaman, Selasa (31/12).

Ia mengatakan, sebagaimana diatur Undang-undang, yang bertanggung jawab dalam pelayaran itu adalah nahkoda kapalnya. Atas dasar itu lah pihaknya menetapkan tersangka yang menahkodai kapal pada saat itu.

"Dan berdasarkan keterangan saksi-saksi bahwa jumlah penumpang kapal ketika itu bukan 24, tapi 29 orang disaat kapal tenggelam dan pelampung hanya berjumlah 20 unit," ujarnya.

Atas kasus ini, tersangka diancam hukuman 5 tahun penjara dan sudah dapat dilakukan penahanan, namun Polres Pariaman belum melakukan penahanan terhadap tersangka.

"Namun berdasarkan pertimbagan lain dan sebagainya, sehingga tidak dilakukan penahanan terhadap tersangka, namun proses tetap berlanjut," tutup Kapolres.

Peristiwa tenggelamnya kapal penumpang wisata terjadi Sabtu, 26 Oktober 2019 silam di perairan pulau Angso Duo, Pariaman. Kapal wisata tersebut membawa 29 penumpang.

Kapal tersebut terbalik dihantam ombak besar. Seorang penumpang atas nama Masyrida (40), guru SMP 1 Palupuh, Agam, meninggal dunia.

[Syafrial Suger]


Jangan Lewatkan