Seorang Buronan Terduga Pengedar Sabu Akhirnya Diringkus di Sebuah Pondok

Pelaku berinisial TA saat berhasil diringkus polisi di sebuah pondok milik masyarakat di Jorong Aia Putiah, Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (28/12/2019).

LIMAPULUH KOTA (Metrans)

Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota berhasil meringkus seorang buronan pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu seberat 50 gram yang dijemput langsung ke Kota Pekanbaru, Riau beberapa waktu lalu. Sebelumnya, polisi telah meringkus dua rekannya, yakni AR (23) dan MD (21), warga Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar.

Kali ini, buronan yang berhasil diringkus yakni TA (21), warga Jorong Baringin Sakti, Kenagarian Taluak, Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Ia dibekuk di sebuah Pondok di Jorong Aia Putiah, Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (28/12/2019) lalu sekitar pukul 08.00 WIB.


"Meski saat itu pelaku TA berhasil melarikan diri, namun kita tidak tinggal diam. Upaya pencarian terus kita lakukan dan hasilnya ia berhasil kita bekuk di sebuah pondok pertanian milik masyarakat," sebut Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Sri Wibowo melalui Kasatresnarkoba, IPTU Hendri Has didampingi Kanit 1, Bripka. Marshanda, Rabu (1/1/2020).

Hendri Has juga menambahkan, ketiga tersangka sebelumnya sengaja menjemput Narkoba jenis Sabu-sabu ke Kota Pekanbaru, Riau untuk nantinya diedarkan di Kawasan Lintau jelang malam pergantian tahun. Hingga kini, ketiga tersangka beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Limapuluh Kota guna penyelidikan dan pemrosesan lebih lanjut.

Sebelumnya, penangkapan terhadap tersangka diawali dengan penghadangan mobil Toyota Avanza warna silver dengan nomor polisi B 1543 WFY yang digunakan pelaku di depan Mapolres Limapuluh Kota di kawasan ketinggian pada Kamis (26/12) sekitar pukul 22.30 WIB. Mengetahui akan ditangkap, mobil tersebut berbalik arah menuju Pekanbaru.

Tak tinggal diam, Tim Opsnal Satresnarkoba yang diback up tim gabungan Polres Limapuluh Kota melakukan pengejaran hingga ke kawasan Lubuak Bangku. Saat itu, tiga pelaku yang berada di dalam mobil, termasuk pengemudi berinisial T melarikan diri ke kawasan hutan lindung. Upaya pencarian dilakukan sehingga dua pelaku berhasil dibekuk saat bersembunyi di rumah warga. Sementara, saat itu pelaku T berhasil melarikan diri. (li2)


Jangan Lewatkan