oleh



Tahun 2018 SMKN 2 Terima Siswa 14 Rombel

 

PADANG (Metrans)

Dengan telah selesainya tahun ajaran 2017/2018 dan masuknya tahun ajaran 2018/2019, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah menyiapkan mekanisme penerimaan siswa baru tingkat SMA/SMK menggunakan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online.


Salah satu sekolah yang menggunakan sistem PPDB online tersebut adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang.

Menurut Kepala SMKN 2 Padang Drs. Rusmadi, M.Pd, tahun ini sekolahnya akan menerima peserta didik sekitar 500 orang untuk 14 rombongan belajar (Rombel) melalui sistem PPDB online untuk seluruh Sumatera Barat.

“Pendaftaran dimulai dari tanggal 25 Juni hingga 9 Juli. Kami menerima 95 persen peserta didik dalam rayon dan 5 persen dari luar rayon,” kata Rusmadi.

Dia mengatakan, saat ini SMK Negeri 2 Padang memiliki beberapa program keahlian, yaitu Program Keahlian Administrasi, dengan kompetensi keahlian bidang administrasi perkantoran.

Program Keahlian Administrasi ini, kata dia, memiliki jurusan keuangan, dengan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Kompetensi Keahlian Perbankan. Kemudian jurusan Tata Niaga, dengan Kompetensi Keahlian Pemasaran.

Program keahlian lainnya, kata Rusmadi, adalah Teknik Komputer dan Informatika, dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Selain itu juga ada program keahlian Multimedia dan Pariwisata dengan Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata.

Rusmadi mengatakan, karena namannya PPDB online, maka serangkain proses penerimaan siswa baru dilakukan secara online.

PPDB online ini kata Rusmadi, merupakan sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru, mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).

Dia mengatakan, karena namanya PPDB online, maka pendaftaran dapat dilakukan secara online. Artinya, calon peserta didik tidak perlu datang ke sekolah bersangkutan untuk mengantri dan mengisi formulir pendaftaran.

“Formulir pendaftaran diisi secara online dan ketika datang ke sekolah hanya menyerahkan berkas pendaftaran dan kelengkapan lainnya,” kata Rusmadi. (feb)


Editor :  Febriansyah Fahlevi

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru