Tak Cuti Bersama, ASN dan Pegawai BUMN Tetap Masuk Tanggal 22 Mei

Ilustrasi. (ist/net)

JAKARTA (Metrans)

Pemerintah menetapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai BUMN tak mengikuti cuti bersama yang ditetapkan pada 22 Mei 2020. Seluruh ASN dan pegawai BUMN tetap masuk pada tanggal tersebut. Kebijakan tersebut diambil karena saat ini dalam kondisi pandemi virus Corona (Covid-19).

"Tadi rapat menetapkan 22 Mei 2020 bukan hari cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN. Jadi ASN dan pegawai BUMN tetap masuk seperti biasa. Tidak cuti bersama," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam jumpa pers, Rabu (20/5).


Muhadjir mengatakan, cuti bersama ASN dan pegawai BUMN akan diganti hari lain. Sementara mengenai cuti bersama lebaran, Muhadjir menegaskan belum ada perubahan.

Cuti lebaran akan tetap digeser di akhir tahun yakni pada 28 hingga 31 Desember 2020. "Dengan pertimbangan paling aman untuk membuat prediksi dalam kaitan dengan masalah Covid-19," katanya.

Namun rencana penggantian cuti bersama itu akan dikaji ulang pada akhir Juni apabila pandemi Covid-19 mulai menurun. Sehingga terbuka kemungkinan cuti bersama Lebaran digeser berdekatan dengan perayaan Idul Adha.

"Pak presiden sudah berikan catatan nanti akhir Juni akan diadakan pengkajian ulang kakau memang Covid-19 sudah turun tidak lagi mengancam. Sangat dimungkinkan cuti bersama berhimpitan dengan Idul Fitri. Juli bisa sebelum atau sesudah Idul Adha," ucap Muhadjir.

Seperti diketahui, sebelumnya cuti bersama akan dimulai pada tanggal 22 Mei mendatang hingga tanggal 29 Mei 2020. (cnn)


Jangan Lewatkan