oleh



Tanah Datar Naik Peringkat UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018

BATUSANGKAR (Metrans)

Hasil Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 telah dirilis. Untuk tahun ini, Kabupaten Tanah Datar memperoleh peringkat yang cukup menggembirakan. Pelaksanaan Ujian Nasional dilaksanakan berbasis komputer (UNBK) dan berbasis kertas dan pensil (UNKP).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Abrar menyampaikan hasil UNBK untuk SMP, Kabupaten Tanah Datar berada pada posisi 5 dari 18 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat atau posisi 1 di antara kabupaten yang ada, dengan total nilai 226,73. Untuk peringkat 1 sampai 4 secara berturut-turut, Kota Padang, Kota Bukittingi, Kota Payakumbuh dan Kota Padang Panjang, Rabu (23/05) kepada Metrans di ruang kerjanya.


Sementara UNKP untuk SMP, Tanah Datar meraih posisi ketiga dengan total nilai 205,39, di bawah Kota Padang dan Kabupaten Mentawai.

UNBK untuk MTs, Tanah Datar juga berada di posisi 5 kabupaten/kota atau posisi 2 dari kabupaten yang ada di Sumatera Barat dengan total nilai 228,35. Secara berturut-turut peringkat 1 sampai 4, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Pasaman.

Sementara UNKP untuk MTs, terbaik 2 dengan total nilai 209,03 di bawah Kota Padang yang mencapai total nilai 249,09. Sementara di posisi 3 diraih Kabupaten Agam dengan nilai 203,30.

Di kesempatan itu, Kadis Dikbud Abrar mengucapkan selamat kepada seluruh peserta UN SMP/MTs yang telah menyelesaikan Ujian Nasional dengan baik, juga ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran dinas dikbud, kepala sekolah, majelis guru, komite dan orang tua yang telah mendukung kemajuan dunia pendidikan di Tanah Datar.

Ditambahkannya, peningkatan prestasi ini berkat komitmen dan kerja keras pemerintah daerah bersama unsur terkait, membangun kualitas pendidikan di Tanah Datar menjadi lebih baik sesuai dengan prioritas pembangunan kulaitas SDM masyarakat Tanah Datar.

“Alhamdulillah kita naik peringkat, namun apa yang kita raih tidak boleh berpuas diri, harus kita tingkatkan lebih baik lagi,” tegasnya.

Abrar juga sampaikan pemerintah Kabupaten Tanah Datar mempunyai komitmen terhadap peningkatan kualitas pelaksanaan UN dengan terus berupaya pelaksanaan UNBK bisa dilaksanakan di seluruh Tanah Datar.

Hal senada sebelumnya juga disampaikan Wakil Bupati Zuldafri Darma saat melakukan monitorig pelaksanaan UN di SMP 3 Batusangkar beberapa waktu lalu.

“Terkait kebutuhan komputer untuk pelaksanaan UNBK, kita akan upayakan melalui anggaran yang tersedia serta menggali peluang yang ada di Kementerian, Provinsi dan sumbangan alumni, dan ini juga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kemampuan IT peserta didik, yang akan bermuara nantinya mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Datar,” sebut Zuldafri. (eri)


Editor :  Novrizal Sadewa

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru