7 Pasien Suspect Corona dan MERS-CoV Diisolasi di M Djamil Padang, 4 Lainnya Masih dalam Pemeriksaan

Ilustrasi. (Net)

PADANG (Metrans)

Jumlah pasien yang diisolasi terkait virus corona (Covid-19) dan MERS-CoV di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang hingga Senin (16/3) total ada 7 orang. Rinciannya, empat pasien suspect MERS-CoV dan tiga pasien suspect corona atau Covid-19. Hingga kini, ketujuh pasien masih dirawat di ruang isolasi rumah sakit itu.

"Ada 7 pasien yang sedang dirawat di sini. Di antaranya 4 pasien suspect (diduga terjangkit) MERS-CoV dan 3 pasien suspect Covid-19," ungkap  Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP M Djamil Padang ketika diwawancarai wartawan, Senin (16/3).


Ia mengatakan, di samping itu, pihaknya juga tengah melakukan pemeriksaan terhadap 4 pasien lainnya. Dua di antaranya merupakan penumpang maskapai Air Asia yang datang dari Malaysia ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pagi tadi. Status keempat pasien itu pun juga belum dapat ditentukan.

"Dua penumpang maskapai dari Malaysia itu masih dalam tahap pemeriksaan oleh tim medis. Diperiksa untuk memutuskan apakah akan dirawat di ruang isolasi atau diperbolehkan pulang atau masuk daftar orang dalam pemantauan (ODP)," lanjut dia.

Kedua penumpang tersebut, kata dia, yaitu laki-laki berusia 47 tahun dan perempuan berusia 42 tahun. Dovy menyebut, kedua penumpang tersebut memiliki gejala batuk, demam, dan sesak napas. Sementara, dua orang lainnya yang masih diperiksa merupakan rujukan dari rumah sakit daerah.

"Sekarang masih dalam tahap pemeriksaan tim medis, bersama dengan dua orang lagi yang merupakan rujukan dari rumah sakit daerah," ungkap Dovy.

Dia menjelaskan, di RSUP M Djamil Padang, pasien yang memiliki indikasi gejala seperti MERS-CoV atau Covid-19, diperiksa di tempat yang terpisah dari tempat penerimaan pasien biasa. 

"Kalau di M Djamil Padang, kita langsung mengarahkan pasien yang bersangkutan ke arah belakang di ruang perawatan paru untuk kita lakukan screening. Screening itu berupa pemeriksaan kepada pasien, yaitu pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologi," pungkasnya.

[bul/han]


Jangan Lewatkan