oleh

SAFARI RAMADAN TANAH DATAR
Irdinansyah Tarmizi: Informasi yang Benar Harus Sampai ke Masyarakat

BATUSANGKAR (Metrans)

Arti sebuah informasi di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting. Maka dari itu informasi yang diberikan harus jelas dan benar-benar sampai kepada masyarakat, jangan ada masyarakat yang tidak mendapat informasi, apalagi untuk informasi yang bersifat penting.

Jadi pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga ke nagari harus menyampaikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat.


Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi selaku Ketua Tim Khusus Safari Ramadhan 1439 H saat mengunjungi Jamaah Masjid Taqwa Batu Bulek Lintau Buo Utara, Jumat malam (1/6).

Irdinansyah katakan, saat ini masih ada masyarakat kita yang belum mendapatkan informasi, padahal ini sangat penting bagi mereka.

Seperti halnya informasi bantuan biaya pendidikan bagi anak-anak cerdas yang lulus di Perguruan Tinggi Negeri, namun dari keluarga tidak mampu dan tahun ini kita punya program untuk itu melalui Dinas Pendidikan dan BAZNAS.

Ia ceritakan kejadian beberapa tahun lalu “Salah seorang anak kita yang berprestasi dan lulus di PTN, tapi gagal berangkat karena ketidakadaan biaya yang akhirnya anak kita ini mengalami stres,” sebutnya. Untuk itu Irdinansyah tegaskan, "Saya tidak mau lagi kejadian seperti ini terulang kembali," ucapnya.

Kita di daerah, katanya, punya program bantuan pendidikan bagi keluarga tidak mampu dari BAZNAS, pemerintah daerah dan lainnya. Kita bertekad, "tidak ada anak Tanah Datar yang tidak jadi kuliah, karena ketidakadaan biaya, tukas.

Selain itu bupati juga mengajak anak-anak gemar membaca Al qur'an hingga ke tahfidz (menghafal Al qur'an). Karena menurutnya anak-anak yang hafidz alquran adalah anak yang cerdas.

Menurut penelitian, 80% otak akan bekerja saat membaca alquran jika dibanding dengan membaca buku atau tulisan biasa yang hanya membutuhkan 40% saja.

Di beberapa perguruan tinggi negeri bahkan menerima calon mahasiswa tanpa tes bagi anak-anak yang hafal Alquran minimal lima juz, jadi banyak cara untuk melanjutkan pendidikan ke PTN.

Bupati juga sampaikan tujuan Safari Ramadan khusus tersebut, selain menjalin silaturrahmi juga menyampaikan program-program pembangunan dan juga menyerap aspirasi masyarakat untuk dapat diakomodir pemerintah daerah dalam rangka percepatan pembangunan di berbagai sektor.

Bupati juga menyebutkan pembangunan tidak hanya fisik saja kita pacu yang non fisik seperti keimanan dan ketaqwaan juga terus ditingkatkan.

Sebelumnya Pj.Wali Nagari Batu Bulek Jasmainar ucapkan selamat datang dan terima kasih pada rombongan Tim Safari Ramadhan Khusus Bupati ini, yang telah datang bersilaturrahmi dengan jamaah Masjid Taqwa Batu Bulek.

Untuk pembangunan di Nagari Batu Bulek Jasmaniar sampaikan bahwa tahun 2018 ada lima kegiatan fisik yang akan dilaksanakan dan usai lebaran ini akan langsung dikerjakan

Lima item pekerjaan fisik tersebut seperti di Jorong Kawai Ia sebutkan, rabat beton jalan Kubang Guguak Paki yang merupakan Dana Desa dengan anggaran Rp149.298.840,- pendampingan Pamsimas (air bersih) dana ADN Rp29.660.000,-, pembangunan TPA DAK kabupaten Rp13.560.000,-, rehab gedung TK Tunas Bangsa Rp5.660.000,-, dan rehab Masjid Taqwa ini dari DAK kabupaten sebesar Rp2.620.000,-.

Pada kesempatan tersebut tim juga memberikan bantuan uang pada pengurus masjid sebesar Rp10 juta dan buku keagamaan.

Turut serta dalam rombongan ini, Kepala Dinas Pertanian, Kadis PMDPPKB, Kadis Sosial PPPA, Kabid pada Dinas Pendidikan, Kabid Bina Marga Dinas PU dan Ketua PD Muhammadiyah Tanah Datar dan juga dihadiri Camat Lintau Buo Utara dan Forkopimca. (eri)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru