oleh

DIPIMPIN KOMBES SINGGAMATA
Jajaran Ditlantas Polda Sumbar Seharian Pantau Jalur Arus Mudik Lebaran

PADANG (Metrans)
Jajaran Ditlantas Polda Sumbar dipimpin langsung Dirlantas Kombes Pol Singgamata, seharian penuh, Jumat (8/6) melaksanakan giat cek jalur dalam rangka Sumbar siap sambut arus mudik lebaran.

Ikut operasi cek jalur di ruas utama Padang-Bukittinggi-Flyover Kelok 9 itu Kabagbinops, Kasubditdikyasa dan Kasubditkamse Ditlantas bersama tim.

"Hari ini kita melakukan cek jalur dalam rangka persiapan menyambut arus mudik lebaran di Sumbar," ujar Kombes Pol Singgamata kepada awak media di Padang.


Menyambut arus mudik maupun arus balik nanti, untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kelancaran sepanjang jalur Padang-Bukitinggi terdapat 19 Pos Pengamanan dan tiga Pos Pelayanan mendukung Operasi Ketupat Singgalang 2018.

"Selain mengecek jalur kita juga melihat persiapan Pos Pam, tadi kita cek dan Pos Pengamanan siap memberikan pelayanan bagi pengguna jalan pada saat arus mudik dan balik," ujar Singgamata.

Dari penelusuruan cek jalur mulai di lintas kereta api Batang Anai dan Lubuk Alung, terus ke Lembah Anai dan Pasar Koto Baru.

"Semuanya sudah kita siapkan berbagai model mengurai kemacetan jika terjadi di beberapa titik rawan itu. Kami harapkan situasi kondisi arus lalu lintas tahun ini lebih baik di banding tahun sebelumnya," ujar Singgamata.

Dirlantas juga menghimbau bagi pengguna jalan saat arus mudik dan balik, senantiasa mentaati peraturan lalu lintas yang ada di jalan.

"Untuk pastikan keselamatan dan kelancaran selain petugas dan pemangku kepentingan juga harus ada dukungan masyarakat pengguna jalan," ujar Singgamata.

Menurut Singgamata, ada dua titik yang menjadi perhatian Ditlantas Polda Sumbar saat cek jalur Jumat siang tadi, yakni di Pasar Koto Baru dan Flyover Kelok 9.

"Untuk Flyover kondisinya sudah bersih dari PKL, dan ini tentunya membanggakan kita karena pedagang mau memahami alasan kita bahwa untuk antisipasi kecelakaan lalu lintas di jalur tersebut," ujar Singgamata didampingi Kasubdikyasa Ditlantas Kompol Ari Wibowo.

Sedangkan di Pasar Koto Baru yang terkenal horor macet menahun dengan kondisi kekinian, sangat kondusif menekan kemacetan yang horor di ruas jalur utama Padang-Bukittinggi.

"Insha Allah Pasar Koto Baru soal macet horornya atas bantuan masyarakat dan pemangku kepentingan di Tanah Datar dan Padang Panjang pada arus mudik lebaran bisa diminimalisir," ujarnya. (*)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru