Ketahuan Bobol Kotak Infak di Masjid Raya Sumbar, Seorang Pria Dibekuk

Ade Mirwan (36) beserta barang bukti saat diamankan polisi.

PADANG (Metrans)

Seorang pria tertangkap setelah membobol kotak amal Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Selasa (29/10).

Pelaku adalah Ade Mirwan, warga Purus Baru, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Pria 36 tahun ini ditangkap massa karena ketahuan mencuri kotak amal di masjid tersebut.


Pencurian itu terjadi sekitar pukul 05.20 WIB. Setelah berhasil ditangkap massa, pelaku yang diketahui merupakan seorang pengangguran itu langsung diringkus Polsek Padang Utara.

Kapolsek Padang Utara, AKP Afrino Chaniago membenarkan bahwasanya telah terjadi tindak pidana pencurian di Masjid Raya Sumbar. Setelah mendapat informasi, pihaknya langsung menuju lokasi, pelaku telah diamankkan Satpam dengan keadaan telah diborgol.

"Iya, pelaku berhasil kami amankan bersama barang bukti berupa sepeda motor dan uang kotak infak masjid yang diambil pelaku sebesar Rp3.412 000. Setelah berhasil diamankan, pelaku langsung dibawa ke Polsek Padang Utara untuk proses lebih lanjut," ujar Afrino, Selasa (29/10).

Sementara diketahui, berdasarkan keterangan saksi, pelaku datang dari parkiran belakang masjid menggunakan sepeda motor Vega R, Warna Putih BA 4432 YQ dan pelaku langsung memarkirkan sepeda motornya di halaman masjid.

Kemudian pelaku menuju lantai II sebelah kanan masjid, tempat letaknya kotak infak. Saksi, Safrizen yang merupakan seorang Satpam di masjid yang sedang patroli itu melihat pelaku sedang menggunting kotak infak dan memasukkan aang kotak infak ke dalam jaketnya secara terburu.

Saat saksi mencoba mengamankan, pelaku mencoba melakukan perlawanan. Namun setelah dibantu oleh saksi Andre Nur, pelaku akhirnya dapat diamankan. Selanjutnya kedua saksi mengamankan pelaku dan langsung memberitahu kepada Bhabinkamtibmas Kelurahan Alai Parak Kopi.

Atas kejadian tersebut, Masjid Raya Sumbar mengalami kerugian materil Rp3.412 000, (tiga juta empat ratus dua belas ribu rupiah) dan selanjutnya pelaku bersama barang bukti diamankan Polsek Padang Utara guna penyidikan lebih lanjut.

[Buliza Rahmat]


Jangan Lewatkan