SEKRETARIS KOMISI IV DPRD PESSEL DARWIADI:

Segera Lakukan Kewaspadaan Dini Terhadap Penyebaran Virus Corona

Darwiadi

PAINAN (Metrans)

Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan, mendorong pemerintah daerah setempat untuk segera mungkin melakukan kewaspadaan dini terkait penyebaran virus Corona di daerah itu.

Sekretaris Komisi IV DPRD Pesisir Selatan, Darwiadi saat menggelar hearing, Senin (16/3) mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hendaknya juga mendorong  pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan juga seluruh stakholder.


Hal itu bertujuan supaya dapat memiliki pemahaman yang sama dengan rujukan pengetahuan yang standar sehingga tidak terjadi multi tafsir terhadap virus Corona dengan harapan masyarakat bisa memproteksi dirinya masing - masing penyebaran virus corona tersebut.

Selanjutnya politisi PAN itu mengatakan, pihak dinas kesehatan dan jajaran hingga puskesmas segera melakukan penyuluhan tanpa harus menunggu pelaksanaan kegiatan reguler dan melaksanakan penyuluhan secara khusus ketingkat bawah dengan melibatkan pihak dari kecamatan dan para walinagari.

"Dan ini telah terungkap bahwasanya pemerintah Pesisir Selatan telah membentuk Satgas terhadap kesiapsiagaan virus Corona ini," kata dia.

Selain itu, pihak rumah sakit yang ada di daerah itu, sudah menyediakan beberapa fasilitas pelayanan termasuk ruang isolasi walaupun itu ada beberapa keterbatasan.

Kemudian, pihak rumah sakit, sudah menyediakan beberapa fasilitas pelayanan termasuk ruang isolasi walaupun itu ada beberapa keterbatasan.

"Memang diakui saat ini rumah sakit masih ada kekurangan peralatan seperti alat perlindungan diri terhadap petugas namun pihak rumah sakit tetap berupaya untuk mendapatkan semua itu," ungkapnya.

Pada hearing tersebut dihadiri, pihak RSUD M Zein Painan, RS Pratama Tapan, BKM Sago, Dinas Kesehatan dan para kepala puskesmas di Pesisir Selatan.


Jangan Lewatkan