oleh


SPPT PBB-P2 Tanah Datar Diserahkan kepada Para Camat

BATUSANGKAR (Metrans)

Sebagai salah satu sumber pendapatan daerah pengelolaan pajak bumi bangunan perdesaan dan  perkotaan haruslah dikelola dengan sunguh-sunguh serta selektif sehingga nantinya apa yang menjadi  target yang telah ditetapkan dalam APBD akan dapat dicapai dan ditingkatkan lagi.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Helfy Rahmy Harun, Kepala BPN Tanah Datar Efrizal dan Sekretaris Badan Keuangan Daerah Tanah Datar Yonasri pada acara penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang, Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (SPPT PBB-P2) kepada Camat se Tanah datar Kamis (31/5) di Aula Kantor Bupati.


“Di tahun 2018 target penerimaan dari PBB-P2 yang tercantum dalam APBD Pemerintahan Tanah Datar sebesar Rp2.233 juta yang  masih sama pencapaiannya dengan tahun sebelumnya untuk itu kiranya jumlah penerimaan PBB-P2 dapat ditingkatkan lagi pada tahun sebelumnya,” ujar Wabup.

Wabup menyampaikan pengelola pajak harus berinovasi dalam melakukan pemungutan pajak, sehingga semakin mudahnya akses masyarakat yang menjadi wajib pajak melaksanakan kewajibanya dalam membayar pajak dan meminta Camat serta Wali Nagari untuk dapat melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi secara berkala.

“Kepada seluruh Camat setelah acara penyerahan SPPT ini, segeralah menyalurkan SPPT kepada seluruh Wali Nagari di wilayah masing-masing dan selanjutnya Wali Nagari untuk dapat menyerahkan SPPT ini ke Wali Jorong sebagai ujung tombak pengumpulan PBB-P2 yang selanjutnya disampaikan kepada wajib pajak,” ujar wabup.

Tak hanya itu wabup mengimbau setoran PBB-P2 yang telah disampaikan wajib pajak untuk segera disetorkan kepada Bank Nagari terdekat agar tidak ada lagi setoran yang tertahan lama oleh para pemungut pajak.

 “Lakukanlah monitoring nantinya terhadap SPPT yang telah diserahkan dan kewajiban yang telah dibayarkan oleh wajib pajak dan kepada BKD untuk terus melakukan pembinaan pelaksanaan pemungutan PBB-P2 ini di Kecamatan, Nagari hingga ke Jorong ,” ujar wabup.

Sebelumnya, Sekretaris BKD Yonasri dalam laporannya merincikan target realisasi per Kecamatan tahun 2017 yaitu Lintau Buo Utara  62,83%, Salimpaung 61,84%, Batipuh Selatan 61,18%, Batipuh 59,85%, Lintau Buo 55,34%, X Koto 52,11%, Lima Kaum 47,10%, Tanjung Baru 43,25%, Sungai Tarab 41,84%, Tanjung Emas 38,82%, Padang Ganting 34,82%, Rambatan 25,82%, Sungayang 21,99% dan Pariangan 19,84%. Dengan jumlah SPPT PBB-P2 yang akan dibagikan pada tahun 2018 sebanyak 233.471 lembar. 

Pada kesempatan tersebut  Wabup Zuldafri serahan secara simbolis SPPT PBB-P2 dan DHKP Kabupaten Tanah Datar tahun 2018 kepada  perwakilan dari Camat Lima Kaum Afrizal dan Camat Lintau Buo Utara Suripto dan dilanjutkan penanda tanganan berita acara serah kepada Camat se Kabupaten Tanah Datar. (eri)


Editor :  Febriansyah Pahlevi

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru